HETANEWS

Peduli Suriah, BPBD Labuhanbatu Lakukan Ini

TRC BPBD Labuhanbatu saat menggalang dana. (foto/fendi)

Labuhanbatu, hetanews.com - Menindak lanjuti surat keputusan Gubernur Sumatera Utara no: 900/3641/2018,  tanggal 10 April 2018, perihal penggalangan dana bantuan korban penindasan Suriah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Labuhanbatu di bawah pimpinan Sofyan, menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) setempat, melakukan penggalangan dana bagi korban penindasan.

Aksi penggalangan dana tersebut, digelar di Jalan SisingamangaRmraja, Aek Tapa Rantau Selatan, Rabu (18/4/2018).

Terjadinya serangkaian serangan dan penindasan di Suriah menyebabkan korban hingga ribuan jiwa, yang mayoritas korbannya adalah anak-nak dan perempuan. Sehingga atas dasar kemanusiaan, aksi cepat tanggap (ACT) bergamsrak untuk membantu yang masih hidup di Suriah, yang berada dalam kesengsaraan blokade. Dengan segala kekurangan yang ada, terutama kebutuhan pokok yang mendesak.

Kepala BPBD, Sofyan Hasibuan menjelaskan, dasar diadakannya kegiatan tersebut, yaitu, selain atas surat keputusan Gubernur Sumatera Utara juga menindak lanjuti himbauan BPBD Provsu.

BPBD Labuhanbatu peduli Suriah. (foto/fendi)

"Penggalangan dana korban perang di Suriah ini, juga menindak lanjuti himbauan BPBD Provsu no: 360/453/BPBD/2018 perihal penanggulangan dana dan bantuan bencana korban penindasan di Suriah dan UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Yang menyatakan, bahwa BPBD mempunyai tugas untuk mengendalikan, mengumpulkan dan penyaluran uang dan barang dalam hal penanggulangan bencana," ucapnya.

Sofyan juga berharap, semoga masyarakat di Labuhanbatu, mau mengulurkan tangan dan menyumbangkan sedikit rezkinya bagi yang menjadi korban penindasan di Suriah. Semoga dengan partisipasi ini, dapat membantu dan mengurangi beban warga Suriah.

"Saya juga berharap semua kalangan dapat bekerja sama mengumpulkan atau menggalang dana bagi Suriah. Semoga amal ibadah saudara semua diterima allah dan menjadi ibadah sedekah kelak," harapnya.

Di lokasi yang sama, Kepala PMI Labuhanbatu, Bung Indra kepada awak media mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan BPBD Labuhanbatu untuk menggalang dana bagi korban penindasan di Suriah.

"Hasil dari penggalangan dana ini akan kita serahkan langsung ke Suriah. Harapan saya, semoga kerja sama sosial ini terus berlanjut demi kemanusiaan,"'ucap Indra.

Bagi yang mau bersedekah bisa melalui rekening kemanusiaan aksi cepat tanggap (ACT) cabang Medan BNI: 709.8258.374, Mandiri:101.000.2643, BSM Syariah: 66.00000.21, dan Sumut Syariah: 610.0104.000.7110.

Penulis: fendi. Editor: gun.