HETANEWS

2 Camat di Simalungun Tidak "Tahu" soal Dana KUBE

Simalungun, hetanews.com- Terkait adanya dugaan pengutipan uang secara illegal yang dilakukan oknum Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Simalungun, kepada 30 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang ada di 3 kecamatan, tidak diketahui oleh camat.

Padahal, informasi yang beredar, menyebutkan, bahwa pengutipan dana itu dilakukan oleh oknum Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) di tiga kecamatan, yakni, Kecamatan Panei, Kecamatan Panombeian Panei, dan Kecamatan Huta Bayu Raja, sebagai “tangan kanan” oknum petinggi di Dinsos Simalungun.

Seperti yang disampaikan Camat Panombeian Panei, Gintanius Bangun. Katanya, dirinya tidak mengetahui perihal bantuan dana KUBE di wilyah yang dipimpinnya saat ini, apalagi soal adanya dugaan pengutipan dana oleh oknum TKSK, di wilayah yang dipimpinnya saat ini.

“Saya tidak tahu informasi itu pak, coba bapak langsung konfirmasikan kepada Dinsos mengenai hal ini,”ujar Gintanius dari seberang telepon.

Setali tiga uang dengan Gintanius, Marsita Sinaga yang juga Camat Huta Bayu Raja mengatakan, tidak paham dengan pertanyaan wartawan terkait KUBE.

Bahkan, Marsita menanyakan balik kepada wartawan, perihal bantuan dana Rp20 juta yang diterima 10 KUBE di kecamatan yang dipimpinnya.

Baca Juga: Benarkah Ada Kutipan Dana “Illegal” di Dinsos Simalungun?

“Apa KUBE pak, saya tidak tahu mengenai bantuan itu, tahun berapa dan siapa yang menerima dan mengasig bantuan?,”tanya Marsita.

Namun saat disinggung terkait penyataan Kepala Bidang Pemberdayaan Dinsos Simalungun, Halasan Silitonga yang menyebut ada 10 KUBE di Kecamatan Huta Bayu Raja yang menerima bantuan, Marsita mengaku pernah mendengar adanya KUBE, di Kecamatan Huta Bayu Raja.

“Oh sepertinya saya pernah mendengar pak. Tapi nanti saya pastikan kemabli ya, saya tanya lurah maupun pangulunya dimana aja ada KUBE,”imbuhnya, Rabu (18/4/2018).

Sementara itu, Camat Panei, Jonder Haloho, belum berhasil dimintai konfirmasi terkait adanya KUBE yang menerima bantuan dana dari Dinsos Simalungun. Saat dihubungi via telepon seluler, nomor ponsel yang bersangkutan tengah tidak aktif.

Penulis: tim. Editor: gun.