Mon 15 Oct 2018
CITIZEN JOURNALISM

Pemko Depok Pelajari Pola Skema KPBU Kota Medan

Rombongan Pemko Depok, Provinsi Jawa Barat, saat foto bersama di Ruang Rapat I, Kantor Wali Kota Medan, Selasa (17/4/2018). (foto/ardiansyah)

Medan, hetanews.com - Sekda Kota Medan, Syaiful Bahri Lubis, menerima kunjungan Pemko Depok, Provinsi Jawa Barat, di Ruang Rapat I, Kantor Wali Kota, Selasa (17/4/2018).

Kunjungan ini dalam rangka studi banding untuk mempelajari Pola Skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Rencana Pembangunan Proyek Light Rapid Transit (LRT) dan Pengembangan RSUD Pirngadi.

Kunjungan Pemko Depok yang dipimpin Sekda, Hardiono juga untuk mempelajari soal Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) Pemrakarsa Proyek Pembangunan LRT Kota Medan, serta Perencanaan LRT dan Integrasi Moda Angkutan di Wilayah Kota Medan.

Diketahui, Kota Depok merupakan kota yang  besar yang memiliki kepadatan penduduk  tinggi dengan tingkat mobilitas yang tinggi pula, sehingga memerlukan suatu alternatif dalam mengelola kemacetan kota dengan angkutan transportasi massalnya.

Syaiful Bahri Lubis mengatakan, transportasi masal menjadi salah satu fokus utama Pemko Medan dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat.

Saat ini Pemko Medan tengah dalam proses kajian perencanaan proyek pembangunan LRT dan BRT, sehingga dalam beberapa tahun kedepan Kota Medan sudah memiliki sarana transportasi massal tersebut.

"Pemko Medan juga menerapkan konsep skema KPBU pada sektor kesehatan, yakni, pembangunan RSUD Pirngadi. Sedangkan untuk rencana pembangunan LRT Medan sendiri telah tercantum dalam daftar Public Privat Partnership (PPP) project 2017 atau KPBU yang disusun oleh Bappenas," pungkasnya.

Penulis: ardiansyah. Editor: gun.