Tue 23 Oct 2018

Spanduk ERAMAS di TPHS Dipertanyakan, Disebut Bukan Zona APK

Spanduk ERAMAS yang dipajang di pintu masuk Taman Hewan Pematangsiantar. (foto/hug)

Siantar, hetanews.com- Sebuah spanduk paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi-Musa Rajeksah, dipajang di pintu masuk Taman Hewan Pematangsiantar (THPS), Jalan Gunung Simanuk manuk, Kelurahan Teladan, Kecamatan Siantar Barat.

Peletakan spanduk masih diragukan dan dipertanyakan. Pasalnya, TPHS disebut - sebut bukan sebagai zona penempatan Alat Peraga Kampanye (APK).

TPHS baru - baru ini selalu ramai dikunjungi warga Kota Siantar atau luar Kota. Jika pengunjung menghadap ke arah pintu masuk TPHS, terpajang sebuah spanduk paslon Edy-Musarajeksah (ERAMAS). Sementara spanduk calon gubernur yang lain, tidak ada ditemukan di taman hewan milik Pemerintah Kota Siantar itu.

Divisi Bidang Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Siantar, Muslimin Akbar mengatakan, jika spanduk ERAMAS tersebut terlihat sudah sesuai dengan blue print yang dikeluarkan oleh KPUD Sumut. Kendati demikian, pemasangan spanduk haruslah mengikutkan kedua pasangan calon Gubernur dan Waklil Gubernur Sumut (nomor urut 1 dan 2), itupun jika TPHS merupakan salah satu zona penetapan APK.

“Saya belum cek jika TPHS merupakan lokasi peletakan APK. Kemarin kurang lebih 147 titik yang sudah ditempat APK. Dan sering ditemukan salah satu baliho paslon hilang atau rusak. Seperti ini sering terjadi di beberapa tempat,”ujarnya, Senin (14/4/2018).

Jumlah pengunjung ke TPHS di menjelang Pilgubsu ini terlihat sangat jelas. Tidak hanya akhir pekan, di hari - hari biasa pengunjung dari dalam dan luar kota pun menyempatkan diri untuk melihat jumlah koleksi hewan yang ada di TPHS.

Humas maupun Manajer TPHS yang dicoba dikonfirmasi terkait adanya spanduk ERAMAS belum memberikan keterangan. Dua kali ditemui dilokasi, humas sedang tidak berada diruang kerjanya.

Terpisah, Ketua KPUD Siantar, Mangasi Tua Purba mengatakan, boleh saja Tim Pasangan Calon tersebut memasang spanduk atau baliho paslon, namun harus tetap berpedoman dengan zonasi APK yang telah ditetapkan. Kendati demikian, pihaknya akan segera memastikan titik titik lokasi yang telah ditentukan untuk peletakan APK.

“Kayaknya gak adalah di Taman Hewan. Tapi pastinya nanti saya cek lagi lah,” ujar Ketua KPUD Siantar ini.

Penulis: gee. Editor: gun.