Tebingtinggi, hetanews.com - Sebanyak 100 pejabat di lingkungan Pemko Tebingtinggi di antaranya 2 orang pejabat administrator (eselon III) dan 82 pengawas (eselon IV) di antaranya 9 Lurah diambil sumpahnya dan dilantik Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan, Senin (16/4/2018) di g?Gedung Sawiyah dihadiri Sekdako, Johan Samose Harahap dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Umar Zunaidi Hasibuan dalam arahannya menyampaikan, bahwa tidak semua Aparatur Sipil Negara (ASN) diberikan kesempatan untuk menduduki satu jabatan. Menurutnya, ini merupakan suatu amanah dan harus dipertanggungjawabkan oleh yang diberi kepercayaan.

"Sebagai ASN bekerja harus profesional, bukan seperti pekerja amatiran yang dituntut dalam menjalankan tugasnya sehari-hari secara baik sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, utamanya memberikan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.

Diingatkan Wali Kota kepada ASN yang bertugas di Kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Lurah beserta jajarannya, bahwa tugas kedepannya semakin berat yakni untuk menghadapi pemilihan serentak Pilkada dan tahun depan (2019) pemilihan DPRD, DPR Provinsi, DPD dan Presiden/Wakil Presiden.

Tugas tersebut adalah melakukan pendataan warga pemilih dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT), dan ini harus dapat dipastikan kebenarannya serta terus di up date sampai batas yang ditentukan.

Untuk itu, Umar berharap agar petugas di Disdukcapil serta Kelurahan senantiasa berkoordinasi dengan KPU, sehingga partisipasi masyarakat dalam Pilkada di Tebingtinggi semakin tinggi seperti diharapkan pemerintah.

Wali Kota juga mengingatkan para pejabat yang bertugas di UPTD Puskesmas, merupakan ujung tombak dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat agar lebih serius menjalankan fungsinya sebagai pelayan masyarakat.

"Saya minta Kepala UPTD Puskesmas agar Puskesmas buka setiap hari. Jangan ada Puskesmas yang ditinggalkan petugasnya begitu saja saat jam kerja,. Jika perlu Puskesmas itu bisa ditambah jam kerjanya," tukas Umar.

Diharapkan Wali Kota  segenap jajaran yang membidangi kesehatan di Tebingtinggi agar senantiasa berkoordinasi kepada Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes). Layanan kesehatan di diupayakan menjadi salah satu sektor jasa unggulan di Tebingtinggi.

Dua pejabat eselon III yang dilantik yakni, Mulya Arif Rahman Harahap sebagai Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk pada Kadis Dukcapil dan Riza Elflal  Kabid Rehablitasi Perlindungan dan Jaminan sosial pada Dinas Sosial Tebingtinggi.