HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Penyamaran Polisi Berhasil, Tagor Diangkut ke Polres Simalungun

Jamiono alias Tagor diamankan di mako Sat Narkoba Polres Simalungun. (foto/zai)

Sialungun, hetanews.com - Personil Satuan Reserse Narkoba Polres Simalungun berhasil mengamankan seorang pria, pelaku penyalahgunaan narkotika jenis sabu, Jumat (13/4/2018) sekira pukul 20.30 WIB, di Simpang Mesjid, Desa Kateran, Nagori Bandar Jawa, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun. 

Tersangka bernama Jamiono alias Tagor (30), warga Desa Kateran, Nagori Bandar Jawa, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun.

Sedangkan barang bukti yang diamankan polisi, 1 bungkus plastik klip kecil yang didalamnya diduga berisi narkotika jenis sabu,1 buah kaca pirex, 3 buah pipet, 1 buah bong yang terbuat dari botol minuman berwarna hijau, 1 unit handphone (HP) merk Samsung, 1 unit sepeda motor merk Honda GL Pro nomor polisi (nopol) BK 6121 TX dan 1 buah dompet berisi uang sebesar Rp'300.000 yang diduga hasil penjualan narkotika jenis sabu. 

Kasat Narkoba, AKP Marnaek Ritonga menuturkan, penangkapan tersangka bermula adanya informasi yang diterima pihaknh pada hari itu, sekira pukul 19.30 WIB, di Desa Kateran (TKP), sering transaksi jual beli narkoba jenis sabu.

 Barang bukti yang diamankan polisi, di mako Sat Narkoba Polres Simalungun. (foto/zai)

"Atas informasi tersebut, petugas langsung bergerak menuju lokasi dan melakukan penyelidikan," sebut Marnaek, Minggu (15/4/2018).

Sesampainya di Tempat Kejadian Perkara (TKP), polisi mengetahui nama pelaku yang sering menjual sabu, khususnya di daerah Kateran.

"Dari hasil lidik tersebut, salah satu anggota mencoba melakukan penyamaran dengan cara membeli sabu (under cover buy) kepada seseorang yang dicurigai sebagai bandar sabu, di daerah Kateran melalui HP di mana sebelumnya nomor pelaku sudah diketahui petugas," paparnya.

Tanpa ada rasa curiga, sasaran menerima pesanan dari anggota yang melakukan penyamaran sebagai pembeli sabu dan mengajak bertemu di Simpang Mesjid (TKP) untuk melakukan transaksi.

Sekira pukul 20.30 WIB, anggota yang melakukan penyamaran tiba terlebih dahulu di TKP. Tak beberapa lama sasaran datang dan menemui petugas yang melakukan penyamaran untuk mengantarkan sabu pesanan.

"Setelah terjadi transaksi, anggota langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku dan dibantu anggota lainnya yang sudah terlebih dahulu melakukan pengendapan di sekitar TKP," papar Marnaek.

Setelah pelaku diamankan, dilakukan penggeledahan dan ditemukan barang bukti, 1 bungkus plastik klip kecil yang diduga berisi sabu di tanah.

Sabu tersebut dibuang pelaku pada saat dilakukan penangkapan dan berikut barang bukti lainnya.

Selanjutnya dilakukan interogasi, pelaku mengaku bernama Jamiono alias Tagor.

Satu unit sepeda motor juga turut diamankan polisi. (foto/zai)

Ternyata barang bukti sabu diperoleh dari seorang laki-laki berinsial J yang tinggal di daerah Kecamatan Bandar  Simalungun.

"Kemudian petugas membawa pelaku kerumahnya untuk dilakukan kembali penggeledahan. Barang bukti yang berhasil ditemukan, berupa 1 buah bong yang terbuat dari botol minuman warna hijau di dalamnya berisi 1 buah kaca pirex dan 3 buah pipet serta satu buah mancis yang ditemukan dari atap seng," sebut Marnaek.

Personil opsnal Narkoba Polres Simalungun melakukan pengembangan kepada J yang diduga sebagai bandar dari Jamiono. Namun tidak membuahkan hasil, karena diduga sudah sempat melarikan diri. 

Selanjutnya tersangka dan barang bukti dibawa ke Sat Narkoba Polres Simalungun guna proses lebih lanjut.

Penulis: zai. Editor: gun.