HETANEWS

PSC 119 Tobasa Dinkes Siaga 24 Jam Layani Darurat Kesehatan 

Par personil Tim PSC 119 di Kantor PSC Dinas Kesehatan Tobasa. (foto/frengki)

Tobasa, hetanews.com - Public Safety Cente (PSC) 119 Toba Samosir (Tobasa) Dinas Kesehatan (Dinkes)'merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan.

Layanan ini dibentuk tahun 2018 bekerja sama dengan Kementrian Perhubungan (Kemenhub) untuk membantu penangan kesehatan terhadap masyarakat yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan, tetapi juga dalam situasi kritis.

"PSC 119 kami bentuk untuk mempercepat penanganan dan pertolongan pada korban yang membutuhkan penangan segera," ujar Menteri Kesehatan (Menkes), Nila F Meloek saat meninjau PSC 119 Tasiun Balapan Solo dan Puskesmas Gajahan, Solo, beberapa waktu lalu.

Sebagai contoh bila ada masyarakat yang menghubungi 119, maka call center akan menanyakan dimana lokasi kejadian berada dan akan mengarahkan ambulans dari Puskesmas, pos kesehatan, rumah sakit pemerintah yang paling dekat dengan lokasi kejadian.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Dinkes Tobasa, Chandra Siagian mengatakan, layanan PSC 119 kedepannya akan terintegrasi dengan layanan Kepolisian dan pemadam kebakaran (damkar).

"PSC 119 saat ini baru menggunakan nomor lokal dengan nomor 0811-6212-119. Namun kedepan akan jadi nomor layanan yang terintegrasi dengan layanan Kepolisian dan damkar. Untuk saat ini baru layanan kesehatan dan rumah sakit," ujar Chandra, Jumat (13/4/2018).

Ketika dikonfirmasi salah seorang anggota Tim PSC 119, Normauli Tambunan mengatakan, sesudah adanya PSC ini pihaknya merasa senang apabila ada warga yang membutuhkan bantuan.

"Contohnya seperti kecelakaan lalu lintas yang sudah gawat darurat, kami langsung turun ke lokasi. Seperti bulan lalu ada salah seseorang mau melahirkan, kami langsung turun ke rumah warga yang melahirkan," paparnya.

Dia menuturkan, apabila ada warga dalam keadaan gawat darurat seperti laka lantas dan melahirkan agar menghubungi pihaknya di nomor 0811-6211-119.

Penulis: frengki. Editor: aan.