HETANEWS

Kerjasama dengan Indofood, Upaya Pemkab Humbahas Tingkatkan Hasil Pertanian

Pihak PT Indofood berikan pemaparan cara bertanam kentang disaksikan Bupati Dosmar Banjarnahor. (foto/akim)

Humbahas, hetanews.com - Sebagai salah satu perusahaan yang memproduksi berbagai jenis makanan dan minuman, PT Indofood mengunjungi Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Kamis (12/4/2018).

Kunjungan itu untuk melakukan kerja sama dengan para petani dan kelompok tani (poktan) di Humbahas dengan mendukung program penanaman kentang.

Hal ini didukung pihak Pemkab Humbahas karena akan membantu para petani dalam bertani kentang.

Dengan didampingi Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, PT Indofood dan rombongan mengunjungi lahan di Desa Parsingguran II, Kecamatan Pollung dan Desa Purba Dolok, Kecamatan Doloksanggul.

Direktur Agro PT Indofood, Budi Darma melalui Tenaga Teknis, Suryanto memberikan pemaparan cara-cara menanam kentang yang baik kepada para petani di kedua Kecamatan tersebut.

Kehadiran PT Indofood ini atas undangan dari Pemkab Humbahas. Kehadiran kami disini untuk melakukan kerja sama dengan para petani melalui poktan agar semakin maju kedepannya," terang Suryanto di Aula PAUD Parsingguran II.

Lanjut Suryanto, PT Indofood sudah melakukan kerjasama di 4 Provinsi yakni, Padang (Sumatera Barat), Kerinci (Riau), Pagaralam (Sumatera Selatan) dan Bengkulu.

Foto bersama para petani dengan Bupati Humbahas, Dosmar Banharnahor dan PT Indofood. (foto/akim)

"Saat ini kita masuk ke Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Humbahas. Untuk perkiraan modal awal, itu tergantung besaran lahannya. Perkiraan kami per hektar modalnya sekitaran Rp 80 juta. Jika memang kita serius  mungkin bisa saja menghasilkan kentang sekitaran 35-40 ton per hektar," paparnya.

Untuk saat ini kata Suryanto, pihaknya membuat perkiraan sementara harga kentang Rp 6.000 per kg. Harganya itu akan bertahan.

"Jadi mari kita kembangkan lahan kentang. Namun kamj berharap kentangnya yang bagus, sehingga akan menurunkan pendamping untuk mendampingi dan mengajarkan cara-cara yang benar dalam bertanam hingga panen," tandas Suryanto. 

Pemaparan itu disambut Bupati Humbahas dengan sangat antusias dan merasa bangga atas kehadiran PT Indofood. 

"Kami (Pemkab Humbahas) berterimakasih atas kehadiran PT Indofood untuk melakukan kunjungan dan memaparkan cara-cara menanam kentang yang baik kepada para petani. Sehingga nantinya para petani lebih maju dan lebih baik lagi," paparnya.

Dosmar menuturkan, ini adalah peluang baru buat para petani dan Pemkab Humbahas.

"Kami akan berupaya untuk menambah lahan menanam kentang, jika perlu sampai 5-10ribu hektar," papar Dosmar. 

Penulis: akim. Editor: aan.