HETANEWS

Diskominfo Labuhanbatu Sosialisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi

Staf Ahli Bupati Labuhanbatu, Hesty Pancaningdya didampingi Kadis Kominfo, M Ihsan Harahap saat membuka acara. (foto/fendi)

Labuhanbatu, hetanews.com - Dinas Komunikasi dan Informasi Labuhanbatu (Diskominfo) Kabupaten Labuhanbatu menggelar acara Sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Kamis (12/4/2018) di Ruang rapat Bappeda setempat.

Dengan mengusung tema 'Keterbukaan informasi menuju pelayanan publik yang lebih baik', acara tersebut diselenggarakan berdasarkan UU Nomor 14 tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik, PP Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan UU Nomor 14 Tahun 2008, Permendagri Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Kemendagri dan Pemerintah Daerah, Pergub Sumut Nomor 71 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Provinsi Sumut.

Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap diwakili Staf Ahli Hesty Pancaningdya sebelum membuka acara sosialisasi, menjelaskan tujuan dibentuknya ID yaitu, mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang transparan, efektif,efesien, dan akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan. 

Selanjutnya, sebagai acuan pelaksanaan pengelolaan pelayanan informasi dan dokumentasi oleh setiap badan publik di lingkungan Pemkab Labuhanbatu,

Meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik sesuai dengan prinsip pelayanan yang cepat, mudah di setiap badan publik di lingkungan Pemkab Labuhanbatu.

"Sebelum memberikan informasi, terlebih dahulu kita pahami PPID. Berikan informasi  yang jelas, agar tidak menjadi Bias atau menjadi opini diatas opini. Namun, berkomunikasi lah ke Diskominfo, karena pusat informasi berada disana," ucapnya.

Untuk itu, Hesty meminta kepada peserta yang mengikuti acara sosialisasi agar memahami pentingnya keterbukaan informasi publik yang akan dijelaskan oleh Diskominfo Provinsi Sumatera Utara.

"Saya minta kepada seluruh peserta agar mengikuti dan memahami materi yang akan disampikan dari narasumber Diskominfo provinsi," pintanya sembari membuka acara sosialisasi tersebut.

Sebelumnya, Kabid Pelayanan Informasi Publik Diskominfo, Zainul Arifin melaporkan acara tersebut dihadiri Kadis Kominfo Labuhanbatu M Ihsan Harahap, diikuti seluruh Organisasi  Perangkat Daerah (OPD) dan Badan serta Camat se Labuhanbatu.

Narasumber acara itu langsung disampaikan oleh Kasi Layanan Informasi Publik Diskominfo Provinsi Sumut Iwan Sutani Siregar.

Penulis: fendi. Editor: aan.