Asahan, hetanews.com - Dari hasil monitor rutin yang dilakukan Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Asahan, harga cabai merah dan bawang merah, di beberapa pasar tradisional di Kota Kisaran, mengalami kenaikan, Rabu (11/4/2018).

"Di awal tanggal 5-6 April, harga cabai merah diangka Rp 36 ribu, lalu 9 April Rp 42 ribu. Namun ini hari menurun di angka Rp41 ribu per kilogramnya," ujar Kepala Diskoperindag, Witoyo melalui Kabid Perdagangan, Embran. 

Embran juga mengatakan, untuk bawang merah di tanggal 5-6 April di angka Rp 36 ribu, lalu tanggal 9 naik menjadi Rp 38 ribu. Selanjutnya di hari ini naik lagi menjadi Rp 39 ribu per kilogramnya. 

"Untuk sayur mayur dan bahan pokok lainnya masih stabil. Namun kita akan memantau, baik stok dan harga setiap harinya hingga masyarakat tidak was-was, mengingat bulan Ramadhan nanti kesediaan dan harga tetap stabil," ujar Embran.

Salah satu pembeli di Pasar Bakti Kisaran, mengakui ada kenaikan harga cabai dan bawang merah.

"Memang ada kenaikan, namun kebutuhan, ya kita tetap membeli. Hanya saja, kita berharap stok tetap ada dan kenaikan juga jangan sampai melonjak tinggi pak,"'ujar Deasy.

Adapun kenaikan harga cabai dan bawang didapati kenaikan harga, seperti di Pasar Inpres, Bakti dan Kartini Kisaran.