Medan, hetanews.com - Petugas Reskrim Polsek Helvetia, meringkus dua dari tiga pelaku pencurian handphone (HP) milik Yosep Ariestya Sitindaon (21), di Jalan Kapten Muslim, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Medan Helvetia, tepatnya di Sekolah Kalam Kudus.

Keduanya, berinisial BM (30), warga Jalan Gaperta, Kelurahan Helvetia Tengah, Kecamatan Medan Helvetia dan rekannya, MAF (17), warga Dusun XI Desa Medan Krio, Kecamatan Sunggal, Deliserdang. Sementara seorang pelaku berinisial RZ belum mampu diamankan petugas.

Kapolsek Medan Helvetia, Kompol Trilla Murni, melalui Panit I Ipda Sahri Sebayang menerangkan, ketiga pelaku menjalankan aksinya disaat ketiganya melintas, di depan Sekolah Kalam Kudus, Rabu (28/3/2018) lalu melihat lampu pos security telah padam serta kedua petugas keamanan telah tidur.

Tanpa pikir panjang, pelaku BM yang bertindak sebagai eksekutor langsung memanjat tembok sekolah tersebut. Sementara kedua rekannya, MAF dan RZ memantau situasi di luar.

"Di dalam sekolah, tepatnya di pos security, pelaku BM berhasil mencuri HP Xiaomi Resmi 4X dan Himax Pure 3S milik kedua petugas security yang tengah tertidur. Kemudian, ketiga pelaku menjual HP itu seharga Rp 710 ribu yang masing-masing mendapat bagian Rp 200 ribu, sisanya dibelikan makanan, minuman dan rokok," ungkap Ipda Sahri Sebayang, Rabu (11/4/2018).

Korban yang merasa tak senang atas peristiwa tersebut, melaporkan kejadian itu ke kantor Polsek Medan Helvetia dengan nomor LP/234/III/2018/SU/Polrestabes Medan/SEK Medan Helvetia, tanggal 28 Maret 2018.

"Pada Sabtu (7/4/2018) petugas kita mendapat informasi atas keberadaan pelaku BM di Jalan Gaperta. Kemudian pelaku langsung kita amankan, bersama barang bukti 1 kotak susu SGM Eksplor 900 gram yang dibeli dengan uang hasil penjualan HP. Sedangkan untuk pelaku MAF, diamankan pada Senin (9/4/2018), hasil dari pengembangan terhadap pelaku BM," beber Sahri.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dijerat Pasal 363 Ayat (2) KUHPidana.