HETANEWS

Direktur Kementrian Ikut Nonton Film Dokumenter, Ini Kata Bupati Asahan

Ratusan guru saat menghadiri kegiatan Disdik Kabupaten Asahan yang dihadiri Direktur Kementrian Pembinaan Sejarah Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (foto/heru)

Asahan, hetanews.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Asahan laksanakan pendidikan karakter dengan cara pemutaran film dokumenter, di aula utama dinas tersebut, Sabtu (7/4/2018).

Dalam acara yang dihadiri Direktur Kementerian Pembinaan Sejarah Pendidikan dan Kebudayaan, Triana Wulandari mengatakan, di tahun 2015 lalu, pendidikan karekter ini sudah dicanangkan, salah satunya melalui sejarah dan penguatan sejarah melalui film dokumenter.

"Kepada para guru, kiranya dapat memberi tahukan sejarah tentang daerahnya terlebih dahulu, baru sejarah nasional, agar para siswa dapat mengetahui sejarah daerah tempat dia tinggal," ujar Triana.

Menurut Triana, untuk tingkat pendidikan formal, seorang guru harus menggunakan pengguatan pendidikan karakter agar seorang siswa, bukan hanya memiliki IQ yang tinggi, tetapi memiliki tingkat EQ yang baik.

"Pada 2018 ini hanya 20 kabupaten/kota yang melakukan pendidikan karakter dengan cara pemutaran film dokumenter, salah satunya Kabupaten Asahan," ujarnya disela-sela nonton bareng dengan ratusan siswa dan guru.

Sementara itu, Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang, melalui Staf Ahli, Nazaruddin didampingi Sekretaris Disdik, Herlis juga Kepala Bidang Kebudayaan Disdik Asahan, Syamsuddin mengatakan, berkenannya memilih pelaksanaan kegiatan penguatan pendidikan karakter melalui media inspiratif di Asahan, di mana hanya dilakukan pada 20 kabupaten/kota.Dan kabupaten Asahan masuk di di dalamnya, sehingga patut diapresiasi. 

Menurut Nazaruddin, untuk mensukseskan misi Kabupaten Asahan dalam budaya, maka peran guru-guru, kepala sekolah dan pengawas pendidikan dinilai penting. 

"Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai memperkuat karakter diri kita sendiri, seperti meningkatkan disiplin, tanggung jawab dan etos kerja. Namun kita bertanggung jawab menanamkan, mencontohkan karakter yang baik kepada siswa seperti, etika, pergaulan, cinta tanah air, budaya bersih lalu saling menghormati dan menghargai perbedaan," ungkap Nazaruddin menyampaikan pidato Bupati. 

Penulis: heru. Editor: gun.