HETANEWS.COM

Dinas Pertanian dan Perikanan Tobasa Kembangkan Tanaman Kopi 

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Lintong Sitorus. (foto/frengki)

Tobasa, hetanews.com - Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) kembangkan kebun kopi sebagai sektor andalan bagi petani, yang mempunyai cita rasa yang nikmat, tidak kalah dengan kopi daerah lain.

Caranya dengan memberi penyuluhan, pembibitan kopi berkualitas bagi masyarakat petani di Kabupaten Tobasa  

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Lintong Sitorus memaparkan program kerja untuk peningkatan hasil produksi kopi Kabupaten Tobasa yang mempunyai cita rasa yang tidak dimiliki daerah lain di Indonesia.

Hal ini terbukti dengan kedatangan seorang warga negara Korea yang mencari dan membeli kopi hasil petani Tobasa beberapa waktu lalu.

"Sejak tahun 2017 Dinas Pertanian dan Perikanan Tobasa bersama Dirjen Perkebunan telah melakukan penangkaran khusus bibit kopi sebanyak 22 ribu batang bersama masyarakat Desa Sibide Barat, Kecamatan Silaen, Habornas dan Tampahan," sebut Lintong, Rabu (4/4/2018).

Pihak Kementerian juga mendukung dengan memberikan dana kepada Pemkab Tobasa melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan penangkaran benih kopi sebanyak 138 ribu di Kecamatan Balige dan pembangunan gudang penjemuran kopi di Kecamatan Ajibata dari anggaran Provinsi Sumatera Utara. 

"Kabupaten Tobasa melalui APBD 2018 kepada Dinas Pertanian dan Peternakan akan melakukan penangkaran benih kopi sebanyak 50 ribu batang di Sibide Kecamatan Silaen. Juga akan membangun lahan pembibitan di Aek Natolu Kecamatan Lumbanjulu dengan luas lahan 5 hektar di atas tanah milik Pemkab Tobasa", pungkas Lintong.

Dia juga menambahkan, kedepannya petani kopi Kabupaten Tobasa dapat lebih sejahtera, dengan tersedianya bibit kopi yang sudah mendapat seleksi dari Dinas Pertanian dan Perikanan. Sehingga menghasilkan kopi yang bermutu tinggi, apalagi beberapa hari terakhir harga kopi melonjak naik. 

Penulis: frengki. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!