HETANEWS

Lagi, TPL dan Masyarakat Gotong Royong Bersama

Manager Pengembangan Masyarakat TPL, Ramida br Siringoringo bersama beberapa karyawan TPL melakukan pengecatan pagar Gereja HKBP dan SDN 173645 Lumban Huala dalam rangka gotong royong TPL bersama masyarakat. (foto/aldy)

Tobasa, hetanews.com-PT Toba Pulp Lestari (TPL) melakukan gotong royong, pada Kamis (29/3/2018) lalu.

Karyawan TPL dan masyarakat membersihkan perkarangan dan mengecat pagar atau tembok gereja HKBP dan sekolah SDN 173645 Lumban Huala, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Gotong royong dan pengecatan gereja ini, dipimpin Manager Pengembangan Masyarakat TPL, Ramida br Siringoringo. Ramida menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutinitas bagi TPL.

Setiap hari Jumat, TPL melaksanakan gotong royong di lingkungan sekitar areal kerja perusahaan.

 “Kegiatan gotong royong sudah menjadi tradisi bagi kami. Setiap minggunya kita laksanakan gotong royong ditempat yang berbeda,” ujar Ramida.

Dia juga menjelaskan, bahwa semua kegiatan gotong royong yang dilaksanakan TPL tetap melibatkan beberapa karyawan perusahaan.

Sekitar 20 orang masyarakat turut bergabung bersama 55 orang karyawan TPL, mengecat tembok dan pagar sepanjang 300 meter yang sudah terlihat memudar warnanya.

Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 173645 Lumban Huala, Mastianur Sirai mengatakan, pihaknya menyambut gembira atas kegiatan yang dilaksanakan TPL di sekolah mereka.

“Saya sangat berterima kasih atas perhatian TPL terhadap sekolah kami ini adalah kegiatan yang bagus dan bermanfaat," tutur Mastianur.

Hal senada juga diungkapkan Pondang Manurung, bendahara panitia pembangunan Gereja HKBP Lumban Huala. Dia merasa sangat bersyukur atas kegiatan yang dilaksanakan TPL.

“Kita memang berencana untuk mengecat pagar dan gereja, namun Tuhan memberikan TPL untuk membantu gereja kami," ujar Pondang.

Dia juga merasa kagum atas keterlibatan pegawai pegawai TPL dalam kegiatan ini. “ Kita merasa gembira akan kegiatan yang dilaksanakan TPL ini. Ini menunjukkan TPL adalah bagian dari masyarakat dan masyarakat adalah bagian dari TPL," tutur Pondang.

Dia juga menjelaskan, bahwa TPL sudah pernah memberikan bantuan paving block kepada gereja Lumban Huala  pada tahun 2015 lalu.

Sementara Pendeta HKBP Lumban Huala, Pdt Sortaria Silitonga, mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan TPL mendukung program dari gereja HKBP.

“Tahun ini ditetapkan menjadi tahun lingkungan di HKBP, dimana kebersihan menjadi salah satu penopangnya dan kegiatan yang dilaksanakan TPL ini menunjukkan kebersihan dan kerapihan ini sesuai dengan program gereja,” yutur Pdt Sortaria.

Direksi TPL Mulia Nauli dalam siaran persnya, menjelaskan, pentingnya kebersamaan diantara masyarakat dan perusahaan. Dan salah satunya melalui kegiatan gotong royong.

“Kita kembali tingkatkan semangat gotong royong yang sudah mulai menipis . Dengan semangat gotong royong, kita akan mampu memupuk rasa persatuan ,” tutur Mulia.

Penulis: aldy. Editor: gun.