HETANEWS.COM

Ternyata Pengangkatan Resman jadi Pj Sekda Ditolak Sekda Sumut dan KASN

Surat balasan dari Sekda Pemprovsu.

Siantar, hetanews.com - Teka-teki batalnya Resman Panjaitan menjabat Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Siantar, akhirnya terjawab.

Ternyata hal itu diakibatkan adanya penolakan dari Sekda Pemprovsu menyusul adanya surat Sekda Sumut yang didapat hetanews.com.

Dalam surat balasan Sekda Sumut yang disampaikan kepada Pemko Siantar dalam hal pengangkatan Pj Sekda Siantar, disebutkan, yakni sesuai surat Wali Kota Siantar Nomor 800/1005/Wk-Thn 2015 tanggal 26 Februari, perihal persetujuan Pengangkatan Penjabat Sekda Kota Siantar.

"Setelah kami baca dan kami cermati, bahwa proses seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi peratama Sekda Kota Siantar yang prosesnya telah dilaksanakan sejak tanggal 17 Januari 2018 sampai tanggal 23 Februari 2018  yang menurut hemat kami, panitia seleksi telah menyampaikan hasilnya kepada Wali Kota Siantar, selaku Penjabat Pembina Kepegawaian (PPK). Untuk itu, permohonan saudara tidak bisa kami setujui dan kami minta saudara agar segera mengajukan nama calon Sekda untuk diangkat dan ditetapkan menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama Sekda Kota Siantar yang defentif”.

Surat balasan tersebut ditandatangani oleh Plt Sekda Sumut, Ibnu Sri Hutomo dan disampaikan tanggal 27 Februari. 

Surat dari KASN.

Tak hanya itu, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) juga menjawab surat Sekda Sumut, terkait pengangkatan Penjabat Sekda yang diusulkan oleh Pemko Siantar.

Dalam suratnya, KASN meyampaikan 5 poin yang menyertakan rekomendasi dari Sekda Sumut yang menolak pengangkatan Penjabat Sekda tersebut. Di poin 5, meminta agar Wali Kota Siantar segera menyampaikan laporan hasil seleksi terbuka Sekda kepada KASN, dengan terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari Gubernur Sumut.

Apabila telah lengkap dan memenuhi syarat serta dilengkapi dengan data pendukung yang lengkap, maka KASN segera menerbitkan rekomendasi penetapan dan pelantikan.

Terkait hal tersebut, Kepala BKD Kota Siatar, Zainal Siahaan, Senin (2/4/2018) menyebutkan, pelantikan Sekda Kota Siantar sudah memenuhi syarat.

"Kami sudah melakukan dengan sesuai prosedur. Makanya pelantikan tersebut kami lakukan," katanya.

Ditanya terkait adanya penolakan, Zainal menyebutkan, hal tersebut sah-sah saja. Namun dia menyakini Pemko Siantar sudah melalui prosedur yang benar.

"Kan sudah kita lakukan seleksi dan Wali Kota punya hak pregoratif dalam memilih Sekdanya. Jadi kalau ada penolakan, hal itu sah-sah saja," papar Zainal.

Penulis: tom. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!