Humbahas, hetanews.com- Ruangan Intensif Care Unit (ICU) dalam setiap Rumah Sakit (RS) seharusnya menjadi sebuah ruangan steril untuk merawat pasien kritis secara intensif. 

Namun tidak demikian halnya di RSUD Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Di mana kondisi ruangan ICU RSUD Doloksanggul terlihat sangat memprihatinkan.

Hal ini diungkapkan salah satu keluarga pasien sebut saja Miss Z (nama samaran) yang keluarganya pernah dirawat di ruangan tersebut.

"Waktu orang tua saya dirawat di sana (ICU) keadaan ruangan jauh dari kata steril. Lalat menjadi pemandangan biasa dalam ruangan itu," ucap Miss Z. 

Dia mengatakan, selain lalat, banyak perawat yang membawa anaknya ke dalam ruangan perawat ICU di RS tersebut, sehingga membuat suasana ruangan jauh dari kata nyaman. 

Caption

"Anak-anak perawat juga sudah menjadi pemandangan biasa di ruangan itu. Mereka (perawat) sering membawa anaknya. Memang sih mereka di ruangan perawat dibatasi pintu kaca dari ruang pasien tapi sangat membuat tidak nyaman ruangan ICU itu. Tau lah anak-anak bagaimana. Padahal sudah ada larangan tidak boleh bawa anak-anak," tutur Miss Z, kemarin.

Saat ditanya harapannya atas pergantian Direktur, dirinya berharap sebagai warga Doloksanggul agar dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan RSUD Doloksanggul.

"Direktur baru pasti ada peraturan baru. Kita sebagai warga berharap agar pergantian Direktur RSUD ini bisa menjadi titik terang untuk peningkatan kualitas pelayanan," tukasnya.

"Terlebih lagi disini yang dipertaruhkan adalah nyawa pasien, sterilitas dan kenyamanan pasien sangat dibutuhkan di ruangan seperti ICU ini," ujar wanita yang pernah menempuh pendidikan medis itu.