Karo, hetanews.com- Setelah melalui proses panjang untuk menetapkan tanggal  hari jadi Kabupaten Karo yang melibatkan akademisi, tokoh adat, tokoh masyarakat dan stakeholder, akhirnya melalui sidang paripurna bersama DPRD setempat, maka disetujui HUT daerah itu diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Acara syukuran telah dilaksanakan secara sederhana, di Jambur Pemkab, komplek rumah dinas (rumdis) Bupati.

Sementara puncak pesta akbar perayaannya akan dilaksanakan selama 2 hari, Jumat-Sabtu (6-7/4/2018) mendatang.

Mengingat, peringatan Hari Jadi Kabupaten Karo ke 72 ini, baru pertama kali akan digelar yang mengutamakan pameran dengan konten kuliner khas Karo.

“Makanan kuliner Karo ini akan disediakan oleh peserta pameran yang terdiri dari stand para OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemkab Karo, stand dunia usaha dan dunia industri. Rencananya jumlah stand ada sekitar 30 stand pada hari perayaan yang pertama kali ini digelar," ujar Asisten I Setdakab Karo, Suang Karo-Karo selaku Ketua Panitia, Jumat (30/3/2018).

Dikatakannya, perayaan HUT yang pertama dilaksanakan ini tidak menggunakan dana APBD Karo. Karena sebelumnya tidak ada ditampung, sehingga hampir dibatalkan akibat tidak adanya anggaran.

"Namun Bupati bersikukuh ingin menggelar karena kecintaannya terhadap daerah Karo. Sehingga terbentuklah panitia. Saya selaku Ketua bersama Asisten II, Jernih Tarigan dan Kabag Otda, Robinson Brahmana dan diangkatlah "EO" (event organizer) dadakan dengan tujuan acara ini dapat terselenggara," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakannya, lokasi perayaan bertempat di road stage, depan rumdis Bupati, Jalan Veteran, salah satu jalan protokol  di Kabanjahe.

Rencananya di sepanjang jalan itu akan disulap menjadi sebuah pameran kuliner khas Karo, dunia usaha dan dunia industri. Tidak tanggung-tanggung akan disediakan sekitar 25 ribu porsi makanan khas Karo.

"Makanan khas Karo yang dipamerkan itu akan dibagi gratis kepada masyarakat pengunjung pameran. Bagi masyarakat yang berkunjung ke pameran pasti kebagian mencicipi kuliner khas Karo. Jadi ingat, ajaklah saudara-saudara kita untuk ikut merayakan hari jadi Kabupaten Karo. Karena masih banyak masyarakat yang belum tahu," kata Suang mengakhiri.

Menanggapi itu, Bupati Terkelin Brahmana saat dikonfirmasi mengharapkan perayaan HUT Kabupaten Karo yang baru pertama kali dirayakan tersebut dapat berjalan dengan baik.

"Saya sangat optimis semua akan berjalan dengan sukses dan membawa manfaat bagi masyarakat dan daerah kita. Semakin menuju sejahtera, bermartabat, kearifan lokal budaya dapat bergaung kembali dan berprestasi. Mari kita bersama-sama ikut memeriahkan meskipun sederhana, tapi maknanya sungguh tidak ternilai karena menjadi catatan sejarah," sebutnya.

Sementara pemilik DDS Three Light, Petrus Peranginangin alias Sam Nagin's yang telah ditunjuk ketua panitia sebagai EO, mengaku siap untuk menyelenggarakan perayaan Hari Jadi Kabupaten Karo. Karena telah berpengalaman menggeluti dunia entertainer dan sering tampil dalam even-even bergengsi nasional.

"Saya tidak akan merasa kaku dan canggung menyelenggarakan kegiatan ini. Sebab dalam kegiatan ini, saya bersama sponsorship PT. Aqua Tirta Sibayakindo optimis dapat berjalan dengan sukses. Dari pengalaman-pengalaman yang ada, mudah-mudahan tidak ada kendala untuk mensukseskan perayaan HUT Kabupaten Karo yang pertama kali digelar," kata Sam Nangin's, Kamis (29/3/2018), di aula Kantor Bupati usai pemaparan.