HETANEWS.COM

Timbul Lingga: Penempatan Pejabat Jangan 'Terjebak' Keharusan Putra Daerah 

Siantar, hetanews.com - Dalam menentukan pemimpin atau menempatkan pejabat pemerintahan, agar tidak 'terjebak' dalam sebuah keharusan untuk memilih (menempatkan) putra daerah.

Hal ini diutarakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Siantar, Timbul Marganda Lingga, Jumat (30/3/2018).

Timbul menuturkan, masyarakat sebaiknya, dapat lebih berfikir objektif dalam upaya membangun Kota Siantar. 

Sebab, selama bukan orang asing, setiap warga negara yang dinyatakan memenuhi persyaratan, berhak menduduki jabatan pemerintahan di manapun berada. Termasuk untuk Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama seperti posisi Sekretaris Daerah (Sekda) di Siantar.

"Kita semua sepakat dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ya maunya, janganlah dikembangkan dikotomi harus putra daerah yang menjabat sebagai Sekda. Kecuali, jabatan Sekda itu dipegang orang yang bukan warga negara Indonesia, maka mari kita lawan bersama," ujar Timbul, Kamis (29/3/2018). 

Wakil Ketua DPRD Siantar ini menuturkan, dalam menentukan Sekda, Pemko Siantar telah melakukan seleksi secara terbuka. Sehingga, semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berkompeten dapat mengikuti seleksi itu,

"Tim Seleksi (Timsel) nya sudah ada, Wali Kota kan sifatnya hanya tinggal memilih dari 3 nama kandidat terbaik untuk menjabat sebagai Sekda. Jadi, saya rasa kurang pas jika mekanisme seleksi terbuka yang telah dilakukan harus dibenturkan dengan dikotomi Sekda Siantar harus orang Siantar," ujarnya.

Timbul menegaskan, memilih Sekda dari luar daerah, bukan berarti tidak ada warga Siantar yang berprofesi sebagai PNS Pemko yang kompeten untuk menempati posisi itu.

Penulis: tim. Editor: aan.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!