HETANEWS.COM
CITIZEN JOURNALISM

Bulog Sumut Gelar Gerakan Stabilisasi Harga Pangan 

Pengecekan harga beras oleh pihak Bulog Sumut. (foto/ardiansyah)

Medan, hetanews.com - Perum Bulog Sumut akan terus melakukan operasi pasar (OP) atau Gerakan Stabilisasi Harga Pangan, Rabu (28/3/2018).

"Akan terus kita lakukan hingga harga kembali ke angka normal," kata Kepala Perum Bulog Sumut, Benhur Ngkaimi saat melakukan Gerakan Stabilisasi Harga Pangan bersama Tim Satgas Pangan Sumut di Pasar Sei Sikambing, Medan. 

Untuk beras, katanya, OP dilakukan tanpa volume terbatas setelah sejak November 2017 diluncurkan sebanyak 15.000 ton.
Di'mana, harga beras OP dijual Rp 9.850 per kilogram dan bawang putih Rp 20.000 per kilogram. 

"Untuk stok beras sendiri masih aman hingga empat bulan ke depan. Untuk stok bawang putih juga cukup aman dengan ketersediaan yang terus diperkuat," ujarnya.

Benhur Ngkaimi mengatakan, pihaknya juga menemukan harga komoditas yang masih di atas harga normal, seperti harga bawang putih, bawang merah dan cabai merah.

Salah satu pedagang di Pasar Sei Sikambing. (foto/ardiansyah)

"Kita masih menemukan harga komoditas di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang dijual pedagang, seperti bawang putih di kisaran Rp40 ribu per kilogram, bawang merah Rp 30 ribu per kilogram dan cabai merah di atas Rp 30 ribu per kilogram," ungkapnya.

Salah seorang pedagang di Pasar Sei Sikambing, Zulhairi mengaku, bahwa harga beras mengalami penurusan sekitar Rp 500 per kilogram. 

Di mana, harga beras IR 64 saat ini dijual Rp 10.000 per kilogram, atau paling mahal Rp 10.500 per kilogram dari sebelumnya Rp 11.000 per kilogram.

"Mungkin karena pasokannya semakin banyak. Sebelumnya pasokan agak susah dan harga beli mahal, jadi harga jual pun naik," ujarnya. 

Penulis: ardiansyah. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!