HETANEWS.COM

Lahan Perkebunan PTPN III Dibuat Jadi Penyimpanan Batu

Kawasan kebun PTPN III Dusun Talun Kondot, Nagori Talun Kondot, Kecamatan Panomebeian Panei, Kabupaten Simalungun.

Simalungun, hetanews.com - Lahan perkebunan PTPN III di Nagori Talun Kondot, Kecamatan Panombeian Panei, Kabupaten Simalungun dijadikan sebagai tempat penyimpanan batu padas hasil tangkahan.

Batu-batu yang diambil dari sungai yang berdekatan dengan perkebunan disinyalir telah mendapat izin dari pihak perkebunan.

Ramlan selaku Koordinator Lapangan (Korlap) perkebunan tidak mengetahui adanya aktifitas tangkahan batu di Sungai Bah Kuo tersebut.

Ia juga menjelaskan, bahwa pihak perkebunan tidak mengetahui kalau ada pengelolaan tangkahan di sungai.

"Gak tau Saya kalau ada tangkahan batu disini. Kalau pun ada batu batu di perkebunan itu bukan punya kebun," katanya Selasa, (28/3/2018).

Tangkah batu yang terletak di bagian belakangan perkebunan disebut-sebut milik salah seorang warga asal Kota Siantar. Akses jalan menuju sungai pun hanya dapat dilalui dari kawasan perkebunan. Hasil galian batu tersebut ditempatkan di lahan perkebunan sebelum dijual.

Meskipun pihak perkebunan mengklaim tidak mengetahui adanya operasi penangkahan batu, namun penyimpanan batu-batu itu disinyalir seizin pihak perkebunan. 

Penulis: gee. Editor: aan.