HETANEWS.COM
CITIZEN JOURNALISM

Wali Kota Medan Buka Seminar Nasional Kepemimpinan Islam

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin saat foto bersama PD Pemuda Muhammadiyah Kota Medan, di Hotel Garuda Plaza, Medan, Sabtu (24/3/2018). (foto/ardiansyah)

Medan, hetanews.com - Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, membuka seminar kepemimpinan Islam "Peradaban Kepemimpinan Islam Menurut Tafsir Al-Qur'an" yang diselenggarakan PD Pemuda Muhammadiyah Kota Medan, di Hotel Garuda Plaza, Medan, Sabtu (24/3/2018).

Wali Kota mengapresiasi dilaksanakannya seminar nasional ini, sebagai upaya bersama dalam mendalami Alquran untuk memecahkan masalah yang dihadapi sehari-hari.

Melalui seminar ini, diharapkannya dapat memberikan pencerahan, bagaimana seharusnya memimpin dalam Islam, serta kriteria pemimpin yang tepat untuk ummat sesuai dengan Islam dan Alquran.

"Islam adalah agama yang komprehensif yang tidak hanya mengatur cara manusia menyembah Tuhannya, tetapi juga mengatur segala sendi kehidupan, termasuk mengatur tata negara dan kepemimpinan. Konsep kepemimpinan Islam," katanya.

Eldin juga mengingatkan, keberhasilan seseorang dalam memimpin tidak saja ditentukan oleh seberapa tinggi tingkat kepemimpinannya. Tetapi yang paling penting adalah seberapa besar pengaruh baik yang dapat diberikan kepada orang lain.

"Setiap bentuk kepemimpinan membutuhkan suatu keahlian dan tidak bisa dijalankan hanya dengan kemampuan seadanya, melainkan butuh pijakan dasar dan kuat yang bersumber dari al-qur'an dan assunnah yang telah dipraktekkan berabad-abad lalu oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya," sambungnya.

Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Kota Medan, Eka Putra Zakran menyebutkan, seminar nasional ini diisi marasumber dari tokoh-tokoh nasional, seperti H MR Syafi'i, Tifatul Sembiring serta dihadiri ratusan peserta yang berasal dari organisasi pemuda Islam di Medan.

Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Sumut, M Basir Hasibuan mengatakan, seminar kepemimpinan Islam ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman pemuda Islam akan keberadaan peradaban Islam untuk dapat diamalkan di masa sekarang ini.

Hadir pada seminar itu, Sekretaris PD Muhammadiyah Medan, Hasrat Effendi Samosir, Anggota DPRD Medan, Ahmad Arif dan tokoh masyarakat, Abdillah.

Penulis: ardiansyah. Editor: gun.