HETANEWS.COM

Buka Sosialisasi RAPBDes, Ini Pesan Bupati Nias

Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli membuka sosialisasi penyusunan RAPBDes. (foto/soni)

Nias, hetanews.com - Dalam mewujudkan kualiatas pembangunan yang lebih cepat, efesien dan berkualitas di tingkat desa, Pemkab Nias melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Kamis, (22/03/2018) di Balai Pertemuan Kecamatan Gido menggelar sosialisasi Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes).

Hadir pada sosialisasi tersebut Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli, Kepala Dinas PMD, Yulianus Zai, para Tim Pengelola Keuangan Desa Kabupaten Nias, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Tenaga Ahli P3MD, LSM dan wartawan.

Sebanyak 170 Kepala Desa (Kades) antusias mengikuti sosialisasi. Saat ruang diskusi terjadi hubungan yang harmonis dan saling berargumensi tercipta guna mencapai tujuan yang sama. Yaitu memberhasilkan harapan Pemkab Nias untuk mempercepat dan memaksimalkan dalam pengelolaan APBdes di Kaupaten Nias TA 2018 ini.

Bupati Sokhiatulo Laoli pada arahannya menyampaikan, bahwa  perhatian Pemerintah kepada Pemerintah Desa terus meningkat dalam hal besaran dan transfer kepada seluruh Kabupaten.

Khususnya di Kabupaten Nias, Dana Desa sebesar Rp 149.540.247.000 dan 
Dana Alokasi Desa (ADD) Rp 44.282.237.960.
Bagian Hasil Pajak daerah sebesar Rp 515.500.000. Bagian hasil retribusi daerah sebesar Rp 273.100.000.

"Total transfer dana dari Pemerintah Pusat dan Pemkab Nias untuk Tahun Anggaran (TA) 2018 sebesar 194.611.084.960," sebutnya.

Para Kepala Desa peserta sosialisasi. (foto/soni)

Bupati mengharapkan agar seluruh Desa di Kabupaten Nias segera menyusun Rencana Kerja Pemerintahan (RKP) Desa TA 2018 sesuai dengan S"3urat yang telah disampaikan sebelumnya bernomor 141.1/0364/DPMD/2017 tanggal 28 Februari 2018 dengan mempedomani RPJMDes dan RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2016-20121, serta menyusun Rancangan APDes 2018.

Kepala Dinas PMD, Yulianus Zai pada laporannya menjelaskan, kegiatan ini bertujuan mensosialisasikan terhadap penyusunan RAPBDes Nias untuk 2018

"Ini menyampaikan kebijakan dan kegiatan Pemerintah yang berhubungan bila mana ada permasalahan-permasalahan untuk mengidentifikasi dan menfasilisasi penyelesaiannya sesuai dengan ketentuan dan regulasi," paparnya.

Sementara Sokhiatulo Laoli saat diwawancarai, berharap agar seluruh Desa se Kabupaten Nias dapat menyampaikan laporannya secara baik dan tepat waktu.

Bagi Desa yang mengabaikan tugas dan tanggungung jawab akan disurati terus dan dievaluasi, serta diberikan sanksi terlebih-lebih bagi yang belum menyampaikan laporan pertanggung jawabannya.

"Saya berharap Pemerintah Desa dapat memaksimalkan kerjanya, sehinggamampu mencapai target yang kita harapkan," tandasnya.

Penulis: soni. Editor: aan.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!