HETANEWS

Taput Masuk Nominasi Peraih Penghargaan Pembangunan Daerah

Sekda Taput Edward Tampubolon, Kepala Bappeda Indra Simare-mare dan tim penilai peraih penghargaan baik dari Bappeda Provinsi maupun tim independen saat berdiskusi. (foto/pembela)

Taput, hetanewscom-Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) tahun ini masuk nominasi kategori peraih penghargaan pembangunan daerah.

Dari 33 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara dari penilaian tahap awal, 6 kabupaten/kota masuk tahap II penilaian yakni Medan, Binjai, Siantar, Taput, Deli Serdang dan Samosir.

Tim yang turun melakukan penilaian dari Bappeda Provinsi Sumut yakni, Kabid Sarpras Tarsudi, tim penilai Agus Supriadi, tim teknis Nina dan Iqbal melakukan diskusi dengan Sekda Taput Edward Tampubolon, Kepala Bappeda Indra Simare mare, Kepala Badan Keuangan James Simanjuntak, Kadis PUPR Anggiat Rajagukguk, Kadis Ketahanan Pangan Longgos Pandiangan dan sejumlah OPD yang mewakili.

Sekda mengapresiasi kehadiran tim penilai dari Bappeda Provinsi sehubungan masuk nominasinya Taput peraih penghargaan pembangunan daerah.

"Kami bangga Taput masuk nominasi dari 33 kabupaten/kota. Pemkab dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tetap mengutamakan kepentingan masyarakat," kata Edward di balai data mini kantor Bupati, Kamis (22/3/2018).

Dikatakannya, Taput di bawah kepemimpinan Bupati Nikson Nababan senantiasa punya visi misi dan melakukan berbagai terobosan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan warganya.

"Kami harap tidak hanya sekedar nominasi tapi meraih predikat penghargaan," kata Sekda.

Tarsudi dari Bappeda Sumut mengakui dari 33 kabupaten kota Taput masuk kategori bersama 5 kabupaten/kota lainnya.

Dikatakannya, saat ini masih penilaian kedua dan memang sejak tahun 2014 sudah mulai diperlombakan.

"Kalau dulunya namanya Pangripta, sekarang dirubah PPPD, dan hanya satu Kabupaten dan Kota di Provinsi yang akan menerima penghargàan tersebut," sebutnya.

Oleh karena itu, tim penilai turun langsung untuk melihat dokumen perencanaan dan apa yang telah dicapai nominator.

" Penerima penghargaan akan diundang dimalam pengumuman 25 April, tidak hanya plakat tapi juga memdapat insentif fiskal untuk menambah pundi-pundi APBD," kata Tarsudi.

Dalam forum diskusi sebagai bahan penilaian masing-masing OPD memaparkan apa capaian serta terobosan yang telah dilakukan Pemkab.

Di antaranya, pembukaan jalan usaha tani serta interkoneksi jalan penghubung desa ke kecamatan untuk mempermudah transportasi komoditi pertanian, pupuk subsidi bayar pasca panen, jaminan harga, jalan hotmix, pencetakan kolam ikan dengan memberdayakan lahan tidur, pelayanan publik dengan jemput bola.

Selain itu juga dipaparkan indeks PDRB, kepuasan masyarakat akan pelayanan pemerintah itu merupakan salah satu item penilaian untuk meraih penghargaan.

Dari hasil ekspose yang dipaparkan OPD Taput terkait rencana kerja pemerintah daerah menjadi bahan masukan bagi tim penilai yang akan bekerja.

Penulis: tim. Editor: aan.