Medan, hetanews.com - Sebanyak 131 Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN), di lingkungan Pemko Medan, diambil sumpah atau janjinya, Selasa (20/3/2018).

Pengambilan sumpah itu, dilakukan Sekretaris BKD dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Baginda P Siregar, di Ruang Rapat III, kantor Wali Kota Medan. 

Mereka yang diambil sumpahnya, telah melewati masa percobaan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), kemudian diangkat menjadi PNS secara penuh.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Pasal 39 Ayat 1, CPNS yang diangkat menjadi PNS, wajib mengucapkan sumpah/ janji. 

131 PNS di lingkungan Pemko Medan, saat mendapat ucapan selamat bertugas, usai diambil sumpah atau janjinya,
Selasa (20/3/2018). (foto/ardiansyah)

Sekretaris BKD dan SDM  Kota Medan, Baginda  Siregar mengatakan, bahwa Wali Kota Medan mengingatkan sumpah yang diucapkan dengan kesadaran dan tanpa paksaan ini, selain menjadi pedoman dalam menjalankan tugas sebagai aparatur negara, juga merupakan salah satu upaya pembinaan kepada PNS.

"Sumpah janji yang saudara ikrarkan, merupakan satu kesanggupan untuk melaksanakan tugas kepada atasan, tapi juga dipertangungjawabkan di hadapan Tuhan yang Maha Kuasa," ujarnya.

Ia mengatakan, diperlukan keikhlasan, kejujuran, dan tanggung jawab, sebagai salah satu usaha untuk menjamin pelaksanaan tugas dengan sebaik-baiknya.