Labuhanbatu,hetanews.com - Dalam menggalakan program Presiden RI, yakni Kampung KB, Pemkab Labuhanbatu laksanakan pembinaan fasilitator/kader KB untuk peningkatan kinerja dan sumber daya manusia, di Balai Desa Pondok Batu, Kecamatan Bilah Hulu, Selasa (20/3/2018).

Hadir Kepala Dinas BKKBN Labuhanbatu, diwakili Kabid KB, Hetti Lumbantobing dan rombongan, Camat Bilah Hulu diwakili Kasi PMD Sariatna, Kepala Desa Pondok Batu, Carlie Ester Siringoringo dan jajaran, Ketua BPD Pondok Batu, dan para Kader KB se Kecamatan Bilah Hulu.

Kepala Dinas BKKBN Labuhanbatu, melalui Hetti Lumbantobing, mengucapkan terima kasih kepada pihak BKKBN Sumut yang telah hadir di Desa Pondok Batu dalam kegiatan pembinaan para kader KB.

"Kami ucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran narasumber dari konsersium Kampung KB perwakilan BKKBN Sumatera Utara, serta kehadiran para kader Kampung KB. Dengan kegiatan ini, mudah-mudahan, dapat kita dapat menambah pengetahuan dan ketrampilan dalam mengembangkan Kampung KB, di daerah masing-masing," ucapnya.

Program Kampung KB ini, lanjut Hetti, merupakan program prioritas Bupati Labuhanbatu, Pangonal Harahap. Dimana, untuk dengan kegiatan ini, kiranya dapat memberikan arahan kepada para Kader KB se-l Kecamatan Bilah Hulu.

Sementara, Kasi PMD Kecamatan Bilah Hulu, Sariatna, menyampaikan salam dan mohon maaf atas ketidakhadiran Camat Bilah Hulu dikarenakan adanya kegiatan lain. Kemudian, dia mengutarakan, dengan adanya pembinaan Kampung KB ini, para kader dapat bekerja dengan maksimal.

Selanjutnya, Sariatna meminta dan mengharapkan kepada seluruh kepala dan perangkat desa agar tetap bersinergi dengan kader KB. Karena, tahun 2018 ini adalah tahun penilaian untuk Kampung KB terbaik.

"Saya berharap, dengan bersinerginya kepala desa dan perangkat desa, bersama kader KB, insya Allah, Desa Pondok Batu ini mendapat penilaian yang terbaik dan menjadi contoh desa pada desa lain di Kabupaten Labuhanbatu maupun di kabupaten lainnya. Kenapa ? Karena tahun ini adalah tahun penilaian bagi desa yang memiliki Kampung KB. Untuk itu manfaatkan dengan baik, dan bekerjalah dengan benar," terang Sariatna.

Tidak semua desa di Kecamatan Bilah Hulu ini terpilih dalam penilaian pada perlombaan Kampung KB di tahun ini. Untuk itu, pembinaan para kader di Desa Pondok Batu adalah suatu kesempatan.

"Kampung KB merupakan program unggulan Bupati Labuhanbatu. Namun, program ini awalnya merupakan instruksi Presiden. Untuk itu, program tersebut menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah diseluruh pelosok NKRI," katanya.

Pada kegiatan pembinaan tersebut, pihak BKKBN Sumut hanya mendengarkan aspirasi dari kader KB, dan menonjolkan potensi yang ada di Desa Pondok Batu ke daerah lain.

"Disini kami hanya ingin mendengar suara dari kader KB. Baik itu keluhan, masukan, ataupun hal-hal apa saja yang masih diperlukan untuk Kampung KB di Labuhanbatu ini. Dengan kata lain, kegiatan ini seperti berdialog dalam komunitas," kata Irsan.

Sebelumnya, Kepala Desa Pondok Batu, Charlie Ester Siringoringo, mengucapkan terima kasih atas kedatangan dari perwakilan BKKBN Sumut dan Kabupaten Labuhanbatu dalam rangka pembinaan Kader KB.

Selain itu, Charli Ester juga mengungkapkan, suatu kehormatan besar bagi Pemerintah Desa Pondok Batu, mendapatkan penghargaan atau kesempatan termasuk dalam kategori yang akan dinilai.