HETANEWS.COM

'Bekap' Aksi Pungli Lista Damanik, Ini Baru Jawaban Bijak Seorang Ketua Asosiasi Pangulu Tanah Jawa

Ketua Asosiasi Pangulu Kecamatan Tanah Jawa, Hendri Siahaan dan Lista Damanik. (foto/zai)

Simalungun, hetanews.com- "Selamat pagi pak Zay Sinaga. Pada tanggal 14 Maret 2018, kami diundang oleh Camat Kecamatan Tanah Jawa. Antara lain Pangulu, PDP, PDTI, PLD,"tulis WhatsApp (WA), ketua Asosiasi Pangulu Tanah Jawa, Hendrik Siahaan, Senin (19/3/2018).

Untuk rakor dalam rangka percepatan kegiatan Dana Desa tahun 2018, lanjut pesannya.

Ternyata dalam rakor tersebut, juga dihadiri oleh tenaga ahli (TA) dengan tim Kabupaten Simalungun dan sekaligus memperkenalkan personil mereka yang baru.

Didalam rapat, terang Hendrik lagi, pihak pendamping kabupaten mempertanyakan kepada pangulu, perihal pertikaian yang terjadi diantara PDTI (Sabar Martua Simamora) dengan PDP (Lista Damanik). Lalu saya menjawab demikian:

1.Pangulu (se Kecamatan Tanah Jawa) tidak ada mengkateringkan LPJ dan RAB kepada PDP dan PDTI. Yang benar, kami hanya meminta pendampingan dan bantuan mereka kepada tim nagori, merampungkan dan menyempurnakan LPJ.

2.Pendamping Teknik wajib mndampingi TPK nagori dalam rangka survey lokasi rencana pembangunan fisik di nagori, skaligus mendampingi utk pembuatan RAB nya karena memang tidak ada ahli di TPK untuk membuat perhitungan RAB.

3.Jangan karena persoalan di internal pendamping, lantas membawa - bawa dan melibatkan pangulu dalam persoalan tersebut.

4.Sehubungan dengan berita di medsos ataupun di media cetak yang pendamping katakan itu telah terbit di media hetanews,  saya katakana, bahwa wartawannya tidak prnah konfirmasi kepada pangulu. Maka saya anggap itu berita sepihak.

Rakor para Pangulu, PDP, PDTI, PLD di kantor Camat Tanah Jawa, Rabu (14/3/2018). (foto/zai)
 

5.Ketika itu, saya tekankan kepada pendamping kabupaten agar permasalahan anggotanya (PDP dan PDTI) diselesaikan dengan baik. Jadi pak Zay Sinaga tdk benar ibu Lista yang mengumpulkan para pangulu pada rakor. Tapi atas undangan bapak Camat, katanya melalui WA.

Mirisnya, disampaikan, bahwasanya ada sebahagian pangulu yang tidak sependapat dengan statemennya tersebut.

Ketua Asosiasi Pangulu yang tak lain merupakan Pangulu Nagori Panombean Marjanji, Kecamatan Tanah Jawa mengaku, “sebenarnya saya tidak pernah buat statemen atas nama pangulu se Kecamatan Tanah Jawa. Yang saya katakan adalah, sepanjang pengetahuan saya. Dasar saya adalah peraturan yang ada.  Jadi kalau ada pangulu yang tidak sependapat dengan saya pikir itu hak mereka pak Zay, “ujarnya.

"Terserah bapak Zay lah.  Yang pasti saya tidak bertanggung jawab atas pernyataan masing masing pangulu," elaknya menanggapi konfirmasi hetanews, saat diminta kesediaannya untuk mempertanggungjawabkan kebenaran apa yang disampaikan dimata hukum.

Baca Juga: Soal Cuitan Pendamping Desa, Ini Pendapat DPMPN Simalungun

Baca Juga: Tenaga Ahli PMD akan Cross Chek Kebenaran Cuitan Lista Damanik

Baca Juga: Cuitan Lista Damanik, TA PMD Simalungun Mengambang

Sebelumnya, PDP dimaksud, Lista Damanik yang dituding oleh sejumlah perangkat nagori melakukan monopoli terhadap pengadaan plank proyek dan jadi konsultan dalam hal membuatkan LPJ Dana Desa dengan upah Rp 500.000 per LPJ.

Berbalik, menuding bahwa yang bisa bermain dalam program dana desa adalah pendamping teknik. Sabar Martua Simamora yang telah direlokasi ke Kecamatan Gunung Maligas. Karena pendamping teknik lah yang membuat RAB dan Pangulu dipungut bayaran.

Penulis: zai. Editor: gun.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!