HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Ulama Sumut Dukung Cak Imin Maju di Pilpres 2019

Penyerahan mandat dari Alim Ulama Sumatera Utara, di Hotel Grand Inna, Jalan Balaikota, Medan, Minggu (18/3/2018). Mandat tersebut diterima oleh Jazilul Pawaid, anggota Komisi III DPR RI dari fraksi PKB. (foto/ardiansyah)

Medan, hetanews.com - Para ulama di Sumatera Utara, memberikan dukungan penuh kepada Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Dukungan dilakukan dengan penyerahan mandat dari Alim Ulama Sumatera Utara, di Hotel Grand Inna, Jalan Balaikota, Medan, Minggu (18/3/2018). Mandat tersebut diterima oleh Jazilul Pawaid, anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PKB.

Jaharuddin Batubara, dalam pidato politiknya mengatakan, berbagai problem dan tantangan dalam upaya mewujudkan kepemimpinan islam, khususnya menjelang Pilpres 2019 menjadi masalah yang sangat urgen. Perlu adanya kesadaran bersama untuk mewujudkan kepemimpinan islam. Karena kepemimpinan dalam Islam termasuk dalam masalah ushul (pokok) bukan furu (cabang).

"Berdasarkan hal ini kita memberikan dukungan dan menyerahkan mandat kepada Muhaimin Iskandar untuk maju sebagai Calon Presiden/Calon Wakil Presiden untuk menjalankan politik ulama, sehingga tercipta masyarakat Indonesia yang Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur," katanya.

Ia mengatakan, pemberian mandat ini kepada Muhaimin Iskandar, berdasarkan beberapa pertimbangan, yaitu Muhaimin Iskandar merupakan sosok yang mewakili tokoh politik muda dari kalangan santri. Muhaimin Iskandar dinilai mampu menyatukan kekuatan agama dan nasionalis yang akan menjaga tegaknya NKRI dan membawa Indonesia menjadi adil dan makmur.

Para ulama di Sumatera Utara, memberikan dukungan penuh kepada Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. (foto/ardiansyah)

"Muhaimin Iskandar merupakan representasi dari sosok politisi muda islam yang aktif memperjuangkan nasib para petani, nelayan, dan juga penyambung aspirasi sosial ekonomi di tingkat pedesaan. Ia juga merupakan tokoh yang populis di kalangan Nahdliyin yang berada di bawah payung Nahdlatul Ulama (NU),"ujarnya.

Untuk itu, para Alim Ulama Sumatera Utara, menyerukan kepada seluruh umat islam untuk menyatukan diri, mengkonsolidasikan semua kekuatan untuk memberikan dukungan kepada Muhaimin Iskandar untuk tampil dalam Pilpres 2019.

"Kita berharap dengan persatuan umat islam dapat mengakhiri segala bentuk saling benci, dan curiga sekaligus sebagai visi untuk menjangkau hidup sejahtera yang hingga kini belum merata terwujud," ucapnya.

Jazilul Pawaid, anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PKB mengatakan, dengan adanya mandat yang diberikan oleh para ulama ini, Muhaimin Iskandar harus memperjuangkan mandat yang diberikan. "Ini menurut saya sesuatu yang nantinya pak Muhaimin terima dan akan diperjuangkan," ujarnya.

Ditanya tentang persiapan Muhaimin Iskandar, menjelang Pilpers 2019, ia mengaku, bahwa Muhaimin Iskandar mempunyai track record yang baik dibanding dengan tokoh lainnya.

"Kita lihat saja, pak Muhaimin itu merupakan cucu dari pendiri NU, aktivis, ketua partai, dan lainnya. Jadi track recordnya baik," pungkasnya.

Penulis: ardiansyah. Editor: gun.