HETANEWS

Berbahayakah Memakan Makanan Kedaluwarsa, Ini Penjelasannya

Jakarta, hetanews.com - Tanggal yang dituliskan sebagai tanggal kedaluwarsa biasanya merupakan batas rasa makanan tersebut masih enak untuk dikonsumsi.

Setelah melalui tanggal kedaluwarsa, biasanya makanan akan menurun kualitasnya sehingga beberapa hari kemudian menjadi tidak lagi sehat dimakan.

Makanan yang sudah dalam kondisi rusak bisa mengandung bakteri seperti salmonela, atau listeria. Bakteri ini bisa menyebabkan diare bagi yang mengkonsumsinya.

Satu tanda bahwa makanan tidak lagi sehat untuk dikonsumsi adalah munculnya jamur. Spora jamur ini berasal dari udara bebas masuk ke dalam makanan dan tumbuh di sana.

Beberapa jamur menghasilkan racun, contohnya mycotoxins yang bisa tumbuh di kacang, apel, seledri, anggur, dan makanan lainnya. Mycotoxins menyebabkan rasa gatal, pusing, dan juga sakit kepala.

Jadi kesimpulannya, memakan makanan tepat di tanggal kedaluwarsa tidak akan membahayakan dengan catatan tidak ada jamur atau perubahan yang berarti pada makanan seperti perubahan fisik atau munculnya bau.

Tanggal kedaluwarsa merupakan etika yang digunakan perusahaan untuk melindungi konsumennya dan mencegah adanya tuntutan hukum jika ada konsumen yang keracunan makanan.

sumber: kumparan.com

Editor: aan.