HETANEWS.COM

Pembangunan PKS PT SJS di Hatonduhan akan Segera Dihentikan, Ini Jadwal RDP Lanjutan

Pembangunan PKS milik PT SJS, di Huta IV Nagori Buntu Bayu yang akan dihentikan sementara. (foto/zai)

Simalungun, hetanews.com -  Komisi I DPRD Kabupaten Simalungun akan kembali menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak-pihak yang ada kaitannya dalam rangka menghentikan sementara pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PT SJS, di Huta IV, lahan eks HTI, Nagori Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan.

Informasi dihimpun hetanews.com, Jumat (16/3/2018),  RDP lanjutan itu akan kembali digelar di ruang Badan Anggaran (Banggar) DPRD Simalungun di Jalan Jan Horailam Saragih, Kecamatan Raya, pada Senin (19/3/2018) mendatang. Dan untuk kelancaran RDP lanjutan itu, pihak Komisi I sudah melayangkan surat undangan.

Di antaranya, kepada  Asisten I Sekeretariat, Kadis PMPPTSP, Kakan Pertanahan, Kasat Pol PP, Kepala Bappeda, Kabag Hukum, Kabag Pertanahan, Camat Hatonduhan, dengan menghadirkan, Pangulu, Sekdes Nagori Buntu Bayu, mantan Pangulu, Januar Sinaga serta panitia pembagian eks lahan HTI.

Penghentian sementara pembangunan PKS milik PT SJS itu mengacu adanya keputusan bersama, antara Bupati dengan DPRD Simalungun pada tanggal 23 Februari 2005 dan keputusan rapat tanggal 22 Februari 2006 lalu, agar pembangunan PKS di lahan eks HTI untuk dihentikan sementara, sampai proses lahan eks Hutan Tanaman Industri (HTI) di Huta IV, Nagori Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun selesai. Dan ijin yang diperuntukkan untuk keperluan pembangunan PKS tersebut terpenuhi.

Ini juga untuk mengambil keputusan lainnya yakni, agar masyarakat yang telah mendapat SKT, tapi belum mendapatkan lahan supaya diberikan hak atas kepemilikan tanah oleh panitia HTI Buntu Turunan yang saat ini Nagori Buntu Bayu setelah dimekarkan. Dan 8 orang warga yang belum mendapat tanah agar secepatnya dibagikan panitia.

Terkait sudah dilayangkannya surat undangan dari pihak Komisi 1 DPRD Kabupaten Simalungun kepada pihak - pihak yang ada kaitannya, pada hari Kamis (15/3/2018) lalu, Camat Hatonduhan, Maryaman Samosir tidak bersedia dikonfirmasi, walau nada panggil telepon seluler miliknya aktif.

Baca Juga: Camat dan Pangulu Dukung Pembangunan PKS PT SJS di Hatonduhan Dihentikan

Sementara, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Simalungun, Sastra Joyo Sirait dari seberang telepon seluler miliknya, membenarkan bahwa pihaknya melalui staf Komisi I sudah melayangkan lembaran undangan yang sudah ditandatanganinya, pada Kamis (15/3/2018) kemarin, sekira pukul 10.00 WIB.

"Sudah. Sekira pukul 10.00 WIB melalui staf  komisi I. Dan kita harapkan semua pihak-pihak yang ada kaitannya untuk hadir. Tentunya dalam rangka mempercepat proses penyelesaian permasalahan yang ada terjadi di lahan eks HTI itu," tegas Sastra.

Penulis: zai. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan