Wed 19 Sep 2018

Silpa Rp 108 Juta, Pangulu Sidamanik Masukkan Dana Desa 2017 Nagori ke Rekening DPMPN

Papan keterbukaan informasi Dana Desa tahun 2017 Nagori Sidamanik, Kecamatan Sidamanik. (foto/zai)

Simalungun, hetanews.com - Penggunaan dana desa sedianya terserap sempurna sesuai alokasi kegiatan di APBDes.

Tidak dianjurkan dana tersebut tersisa di kas desa atau kabupaten.

Akan tapi tidak bagi dana desa Nagori Sidamanik, Kecamatan Sidamanik. Sejumlah dana desa tahun 2017 nagori itu justru terjadi sisa lebih penggunaan anggaran (silpa).

Dan terjadinya silpa sebesar Rp 108.725.000 dari Rp 744.609.400 itu dikembalikan ke kas kabupaten.

"Dana untuk pendirian BUMNag itu tidak digunakan, dan kita silpa kan ke kas DPMPN," kata Pangulu, Kasidi Saragih, Rabu (14/3/2018), di seputar nagorinya.

Mirisnya, masih kata Kasidi, pihak Inspektorat Simalungun yang notabene mempunyai tugas untuk melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah dan pelaksanaan pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan urusan pemerintahan desa, tidak turun ke Nagori nya dalam melakukan tugas.

Baca Juga : Kegiatan Mangkrak, Pangulu Manik Maraja Diduga Salah Gunakan Dana Desa

"Sampai sekarang, Inspektorat tidak ada datang ke Nagori. Hanya saja, beberapa waktu lalu, ada datang ke Kecamatan," ucapnya.

Kasidi menyatakan, bahwa Surat Pertanggung Jawaban (SPJ/LPJ) penggunaan dana desa tahun 2017 lalu itu sudah diserahkan ke DPMPN, sekira bulan Januari lalu.

Sayang, terkait adanya persoalan silpa Dldana desa Nagori Sidamanik tersebut, sejumlah pihak terkait belum berhasil dikonfirmasi.

Penulis: zai. Editor: gun.