Fri 14 Dec 2018
CITIZEN JOURNALISM

KPUD Sumut Segera Tentukan Status Pencalonan JR Saragih

Komisioner KPUD Sumut, Iskandar Zulkarnain saat memberikan keterangan pers. (foto/ardiansyah)

Medan, hetanews.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumatera Utara akan melakukan rapat pleno untuk menentukan lolos tidaknya JR Saragih dalam Pilgubsu 2018 ini. 

Hal ini pasca legalisasi fotokopi Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI) milik JR Saragih, yang telah diserahkan ke KPUD Sumut. 

"Sebelum tanggal 16 Maret 2018 KPUD Sumut akan membuat keputusan apakah pasangan JR-Ance Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS) ,” kata Komisioner KPUD Sumut, Iskandar Zulkarnain, Selasa (13/3/2018).

Iskandar sempat mengutarakan pendapat pribadinya mengenai pelaksanaan putusan Bawaslu yang mereka jalani.

Di mana, pihak JR Saragih melegalisasi fotokopi SKPI. Sementara amar putusan Bawaslu Sumut memerintahkan JR Saragih bersama KPUD Sumut untuk melegalisasi fotokopi ijazah SMA.

Menurutnya, amar putusan tersebut sudah jelas dan tidak boleh ditafsirkan lagi. 

"Ini pendapat saya pribadi. Setau saya amar putusan itu tak ada tafsirnya. Ini bukan pendapat KPUD. Karena untuk pendapat KPUD kami harus pleno," ujarnya. 

Mengenai pernyataan JR Saragih yang akan memidanakan komisioner KPUD Sumut jika dinyatakan tidak memenuhi sebagai Calon Gubernur, Iskandar mempersilahkannya. 

"Kami sebagai penyelenggarakan Pemilu melayani sesuai peraturan. Kami tidak artikan itu ancaman. Tapi jika misalnya beliau melaporkan, kemudian ada panggilan kita (KPUD Sumut) akan datang," pungkasnya.

Penulis: ardiansyah. Editor: aan.