Sun 24 Jun 2018

Bantah Pungli Kube, Halasan Silitonga Ngaku Siap Diperiksa Kepolisian

Kasi Pemberdayaan Dinsos Simalungun, Friska Sipayung.

Simalungun, hetanews.com - Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Simalungun, Halasan Silitonga, mengaku siap diperiksa oleh pihak Kepolisian guna membuktikan, bahwa dia tak terlibat dalam melakukan pungutan terhadap para penerima bantuan Kelompok Usaha Bersama (Kube).

"Gak ada kami lakukan pungutan. Karena, bantuan dari pemerintah pusat tahun 2017 lalu itu langsung ditransfer ke rekening KUBE penerima. Saya siap untuk dipanggil pihak kepolisian guna membuktikan, bahwa pungutan itu tidak ada," tegasnya, Selasa (13/3/2018).

Mirisnya, kepada wartawan yang mengkonfirmasinya kemarin, melalui telepon seluler miliknya, dikatakan, "Kog harus gitu katua. Kenapa terus dinaikkan. Harus konfirmasilah dulu Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) yang bersangkutan," kesalnya berbahasa batak.

Itu dikatakannya setelah wartawan menjelaskan, bahwa menurut anggota Kube, pungutan disetorkan melalui TKSK. Yang selanjutnya, menyerahkannya kepada Kasi Pemberdayaan Dinsos, Friska Sipayung. Dan pungutan itu atas perintah Halasan Silitonga.

Terkait apa yang disampaikan mantan Camat Tanah Jawa (Halasan Silitonga), oknum TKSK Kecamatan Panombeian Panei, saat ditemui di sekitar kantor KPU Simalungun, kemarin, mengaku kurang enak hati karena Halasan Silitonga, selaku pemberi perintah, mengelak.

"Ah, masak gitu dibilang pak Halasan Silitonga. Dia kok yang memberi perintah. Kog mengelak dia," ucapnya setelah terlebih dahulu membantah.

Penulis: Zai. Editor: gun.