Tue 19 Jun 2018
Dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1439 H, hetanews.com tidak terbit terhitung mulai tanggal 13 Juni-20 Juni 2018. Kami kembali terbit seperti biasanya pada tanggal 21 Juni 2018. Demikian pengumuman ini kami sampaikan. Redaksi.

Operasi Pekat, Ratusan Liter Tuak Nias Disita Polsek Lolowau

Petugas mengamankan 3 orang pengedara yang membawa jerigen berisi Tuak Nias.

Nias, hetanews.com - Ratusan liter minuman keras tradisional (Tuak Nias) disita petugas Polsek Lolowau Polres Nias Selatan, Selasa (13/3/2017) dini hari dalam operasi penyakit masyarakat (pekat) yang dipimpin langsung Kapolsek Lolowau Iptu Abdulah Yunus Siregar.

Operasi pekat dilakukan di sejumlah kawasan di Kecamatan Lolowau, Kabupaten Nias Selatan, dengan sasaran utama Tuak Nias. 

Pada saat melaksanakan operasi di jalan umum Desa Lolowau Kecamatan Lolowau dan Simpang Sirombu, petugas menemukan 3 unit sepeda motor yang membawa sejumlah jerigen yang berisi cairan. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata jerigen tersebut berisi Tuak Nias.

Ketiga pengendara sepeda motor yang membawa Tuak Nias itu masing-masing Perianus Halawa, warga Kecamatan Huruna, Kabupaten Nias Selatan, Marinus Gulo, warga Desa Mandrehe, Kabupaten Nias Barat dan Agustinus Zai, warga Desa Mandrehe Kabupaten Nias Barat.

Ketiganya mengaku, Tuak Nias itu akan dipasarkan ke sejumlah warung di Kecamatan Lolowau, Kabupaten Nias Selatan.

Operasi pekat yang dilaksanakan pihak Polsek Lolowau.

Ketiga pengendara sepeda motor beserta barang bukti 6 unit jerigen yang berisi Tuak Nias dengan berat diperkirakan 200 liter, beserta 6 kemasan botol kecil, langsung diboyong ke Polsek Lolowau guna proses pemeriksaan lebih lanjut.

“Operasi pekat dengan sasaran minuman keras ini digelar untuk merespon laporan dan keluhan masyarakat yang masuk pada kita. Ini sekaligus untuk mencegah terjadinya tindak pidana akibat pengaruh minuman keras,” sebut Iptu Abdulah.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan pendataan, ketiga pengendara sepeda motor yang membawa Tuak Nias dipulangkan. Namun barang bukti Tuak Nias disita petugas Kepolisian. 

Razia pekat dengan sasaran miras ini akan terus digelar petugas Kepolisian untuk menekan angka kriminalitas yang terjadi akibat pengaruh alkohol.

 

 

Penulis: jer. Editor: Aan.