Sun 24 Jun 2018

Kantor Humas PTPN IV Unit Bah Butong Tidak Jelas Keberadaannya

Lokasi pabrik teh Unit Sidamanik. (foto/noto)

Simalungun, hetanews.com- Pihak Perusahaan Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) Unit Bah Butong sulit ditemui untuk diminta tanggapan serta konfirmasi, terkait keterlambatan pembayaran upah pekerja Buruh Harian Lepas (BHL) di perusahaan milik negara tersebut.

Selasa (13/3/2018), hetanews.com yang bermaksud menyambangi kantor Unit Bah Butong tidak berhasil menemui staf Bidang Hubungan Masyarakat (Humas). Menurut petugas keamanan, bidang Kehumasan tidak lagi berkantor di lokasi pabrik teh unit Bah Butong, melainkan telah pindah ke lokasi pabrik unit Sidamanik.

 

"Tidak disini lagi berkantornya bang, kalau mau jumpai PU nya di Sidamanik sekarang kantornya. Kan semenjak dijadikan satu sekarang, Unit Bah Butong, Tobasari dan Sidamanik managernya cuma satu, dan Humas (PU) nya juga satu. Ke kantor Sidamanik saja lah coba bang," ujar seorang petugas keamanan.

Keadaan yang sama juga dialami hetanews.com saat tiba di lokasi pabrik unit Sidamanik. Di mana petugas keamanan kembali mengatakan staf bidang Humas tidak berada di unit Sidamanik, melainkan di lokasi pabrik teh Unit Tobasari.

"Humasnya tidak disini dek, mungkin sedang di Unit Tobasari, saya juga baru menggantikan shift pagi tadi. Jadi kalau pagi tadi saya tidak tau beliau sedang disini atau tidak. Karena pindah-pindah dek, kadang di Bah Butong, kadang di Sidamanik, juga di Tobasari," kata petugas.

Hal yang sama juga dikatakan petugas keamanan di lokasi pabrik unit Tobasari, sesaat setelah hetanews.com meminta izin bertemu dengan staf Humas perihal konfirmasi atas pemberitaan sebelumnya.

Menurut petugas, Bidang Kehumasan telah berkantor di Sidamanik dan lokasi pabrik Tobasari hanya sebagai tempat produksi pengolahan teh.

"Enggak disini tempatnya, karena sudah pindah di Sidamanik, disini hanya mengolah teh saja," pungkas petugas keamanan unit Tobasari.

Diberitakan sebelumnya, pekerja BHL yang bekerja di perkebunan teh unit Bah Butong mengeluhkan lambatnya pembayaran upah gaji pokok atas pekerjaan borongan yang mereka kerjakan. Namun hingga kini pihak PTPN IV belum dapat memberikan penjelasan terkait keterlambatan pembayaran upah gaji BHL yang kerap terjadi itu.

 

Penulis: tim. Editor: Aan.