Fri 14 Dec 2018

Inggou Victory GKPS Gelar Semarak Festival Paduan Suara Internasional, Ini Kategorinya

Siantar, hetanews.com - Dalam rangka memeriahkan satu dekade eksistensinya, paduan suara Anak Inggou Victory GKPS, menggelar Inggou Victory Choir Festival, pada tanggal 10-12 Agustus 2018 di Kota Siantar.

Hal itu disampaikan Roynaldo H Saragih selaku Direktur Inggou Victory lewat release press yang diterima hetanews.com, Selasa (13/3/2018) malam.

Dijelaskan Roynaldo, bahwa festival ini membuka kesempatan secara umum kepada paduan suara SD, SMP, SMA, mahasiswa, sanggar maupun paduan suara gerejawi untuk mengukur musikalitas. Sekaligus menambah pengalaman dengan bertemu para juri ahli internasional dan kelompok paduan suara lainnya yang berasal dari berbagai provinsi di  Indonesia serta negara tetangga.

"Festival ini akan menggelar empat kategori perlombaan yaitu, kategori anak (7-14 tahun), kategori remaja (15-18 tahun), kategori musik sakral dan kategori musik daerah," jelasnya.

Paduan suara Anak Inggou Victory GKPS, menggelar Inggou Victory Choir Festival pada 10-12 Agustus 2018 di Siantar.

Penampilan para peserta akan dievaluasi oleh para ahli paduan suara kelas dunia yang berasal dari Filipina, Jepang, Malaysia dan Indonesia.

"Mereka adalah Mr.JonathanVelasco-Filipina, Mr Mark Carprio-Filipina, Ms Susanna Saw-Malaysia, Dr Masashi Kishimoto-Jepang, Ms Pritta Kartika-Surabaya dan Mr Tommyanto Kandisaputra-Bandung," sebut Roynaldo, lulusan musik dari Manila, Filpina ini.

Kurun waktu 10 tahun, Inggou Victory telah mengikuti tiga jenis festival berskala Internasional serta meraih juara pertama. Kini saat yang tepat menjadi penyelenggara festival dengan mengajak para ahli tingkat dunia hadir di Siantar dan berbagi pengalaman kepada banyak paduan suara di daerah, sekaligus mempromosikan kearifan lokal dalam budaya dan seni.

"Kami sungguh berharap bahwa kegiatan ini memberi gairah baru dalam memrpomosikan khasanah seni paduan suara dengan kekayaan lokal masing-masing," ujarnya.

Penulis: gun. Editor: gun.