Fri 14 Dec 2018
CITIZEN JOURNALISM

PPK dan PPS se Kota Medan Diharapkan Wujudkan Pemilu Jurdil

Suasana pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemunugutan Suara (PPS) Pemilu 2019 se-Kota Medan, Selasa (13/3/2018). (foto/ardiansyah)

Medan, hetanews.com -  Kepala Badan Kesbangpol Kota Medan, Ceko Wakhda Ritonga, menghadiri pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2019 se Kota Medan, Selasa (13/3/2018).

Ia berharap, PPK dan PPS dapat mewujudkan Pemilu yang jujur dan adil (Jurdil). Ceko menyebutkan, tahun 2018 dan 2019, merupakan tahun yang diprediksi akan penuh dengan dinamika politik. Diharapkan, situasi tersebut tidak sampai memecah belah persatuan dan kesatuan di antara warga Indonesia.

"Butuh kesadaran bersama, bahwa diperlukan individu dan institusi yang mampu melaksanakan pemilu yang jujur dan adil. Untuk itulah, kita hadir di tempat ini hari ini, untuk melantik para anggota PPK danPPS se-Kota Medan," katanya di hadapan Ketua KPUD Medan, Herdensi Adnin, anggota KPU Medan, Pandapotan Tamba, Agussyah Ramadani Damanik, Edi Suhartono, dan Yeni Khairiah Rambe serta seluruh anggota PPK maupun PPS se Kota Medan yang dilantik.

Dirinya menyebutkan, melakukan pemutakhiran data pemilih, membuat daftar pemilih sementara, membuat daftar pemilih hasil perbaikan dan daftar pemilih tetap, merupakan sebagian dari tugas yang harus dijalankan.

Suasana pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemunugutan Suara (PPS) Pemilu 2019
se-Kota Medan, Selasa (13/3/2018). (foto/ardiansyah)

Besarnya tanggung jawab tugas, wewenang dan kewajiban anggota PPK dan PPS ini, merupakan amanah negara yang harus dijaga dengan sepenuh hati.

"Anggota PPK dan PPS harus mampu bersinergi, menciptakan iklim yang kondusif untuk penyelenggaraan pemilu mendatang. Jangan sampai amanah ini, malah nantinya disalahgunakan untuk kepentingan pribadi, kelompok maupun segelintir pihak yang ingin meraih keuntungan dengan cara yang tidak benar," ungkapnya.

Ia mengingatkan, pelantikan dan pengambilan sumpah/ janji jabatan hari ini pada hakikatnya tidak hanya disaksikan oleh mata manusia, namun juga disaksikan oleh Tuhan yang Maha Kuasa.

Dengan adanya kesadaran itu, diharapkan para anggota PPK dan PPS  diyakini tidak akan menyalahgunakan tugas yang diembankan kepadanya. "Mari sama-sama berharap, agar kita mampu berlaku amanah dalam memikul tugas ini," ajaknya.

Pelantikan penyelenggara Pemilu di 21 kecamatan dan 151 kelurahan di Medan ini, dilakukan oleh Ketua KPUD Medan, Herdensi Adnin. Mereka yang dilantik ini, diambil sumpah janji untuk melaksanakan tugas penyelenggaraan Pemilu nanti dengan sebaik mungkin.

Penulis: ardiansyah. Editor: gun.