HETANEWS

Bupati Buka Sosialisasi Tingkatkan Kepatuhan dan Kepedulian ASN Tentang Pajak Tahunan

Bupati Labuhanbatu, HPangonal Harahap saat menerima penghargaan. (foto/fendi)

Labuhanbatu,hetanews.com- Bupati Labuhanbatu, Pangonal Harahap buka sosialisasi SPT pajak tahunan tahun pajak 2017, di Ruang Data Kantor Bupati, Jalan SM Raja, Rantauprapat. Selasa (13/3/2018) pagi.

Bupati mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan atas dasar terjadinya perubahan peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 9/PMK.03./2018 tentang perubahan peraturan Menteri Keuangan Nomor 243/PMK.03/2014 mengenai surat pemberitahuan (SPT). 

"Dalam rangka pekan penentuan penyampaian surat pemberitahuan tahunan PPH orang pribadi Tahun 2017, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan kepatuhan kita selaku Aparatur Sipil Negara (AKAN) dalam pelaporan pajak agar dapat menjadi teladan, di tengah masyarakat," ucap Bupati.

Sesuai dengan surat edaran Menteri Pendayagunaan AKAN dan Reformasi Birokrasi Nomor 8 tahun 2015, bahwa semua ASN berkewajiban untuk menyampaikan SPT tahunan secara online melalui E-Filing.

"E-Filing ini merupakan tata cara penyampaian SPT tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui jalur internet. Artinya, sepanjang terkoneksi menyampaikan SPT, kapan pun dan dimanapun, baik dikantor maupun di rumah melalui laptop atau handphone bisa disampaikan," ujar Pangonal.

Bupati juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu khususnya kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkab Labuhanbatu agar menyampaikan SPT tahunan. "Saya imbau kepada seluruh ASN dan masyarakat, agar menyampaikan SPT tahunannya sebelum batas akhir tanggal 31 Maret 2018," paparnya.

Apresiasi dan dukungan kepada KPP Pratama Rantauprapat dalam melakukan edukasi perpajakan melalui kegiatan sosialisasi peraturan Menteri Keuangan Nomor 9/PMK.03/2018.

"Kita tau bahwa banyak aturan yang berkembang dan berubah secara dinamis. Sehingga dengan adanya acara ini dapat mengupdate kemampuan dan pengetahuan para peserta sosialisasi tentang aturan pajak terkini. Khusus bagi bendahara yang bekerja bersentuhan langsung dengan pajak dalam pelaksanaan pemotongan, pemungutan dan pelaporan pajak," jelas Bupati. 

Penulis: fendi. Editor: gun.