Wed 19 Sep 2018
CITIZEN JOURNALISM

Satpam MMTC Tangkap Residivis Genk Curanmor Asal Tembung

Pelaku Aprijal Napitupulu alias Rijal saat dihadapan petugas Reskrim Polsek Percut Sei Tuan. (foto/nico)

Medan, hetanews.com - Satu dari beberapa orang genk motor (genmot) yang beraksi secara berkelompok, berhasil dibekuk petugas satpam saat sedang melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor), di Komplek MMTC, Jalan William Iskandar/Pancing, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Selasa (13/3/2018).

Adapun pelaku yang berhasil ditangkap, diketahui bernama, Aprijal Napitupulu alias Rijal (24) yang berdomisili di Jalan Teratai Ujung, Dusun 4 No 564, Medan Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan.

Informasi yang diperoleh di Mapolsek Percut Sei Tuan menyebutkan, penangkapan pelaku berkat bantuan pihak satpam Komplek MMTC yang memergoki pelaku hendak mencuri sepeda motor Honda Beat warna Hitam milik korbannya Heny Siska Lumban Gaol, warga Jalan Williem Iskandar No 71, Medan Tembung.

Beruntung di saat kondisi subuh itu tak banyak warga lain yang tau, sehingga pelaku terselamatkan dari amukan massa. Namun, ramainya para pedagang di kawasan pasar, Komplek MMTC sempat akan menghakimi tersangka.

Takut kemarahan massa tak terbendung, petugas satpam  langsung menghubungi petugas Polsek Percut Sei Tuan. Akhirnya petugas Reskrim yang menerima informasi itu, langsung turun ke lokasi dan mengamankan pelaku.

"Saat kita interogasi pelaku Rijal, dirinya mengakui perbuatannya, melakukan pencurian sepeda motor Honda Beat milik korban yang terparkir, di areal komplek itu. Dirinya juga mengaku saat beraksi, dibantu temannya, berinisial UP (DPO) dan Putra Sitanggang alias Bambu, yang juga masih kita buron,"t erang Kapolsek Percut Sei Tuan, Kompol Hartono, melalui Kanit Reskrim, Iptu Philip A Purba.

Hari itu juga, polisi langsung mengarah ke pelaku lainnya, berkat bocoran dari pelaku Rijal. Menuju ke rumah PS alias Bambu, sayangnya saat pengembangan ke rumahnya, polisi kewalahan. Pasalnya, keluarga pelaku Bambu dianggap melawan, sehingga tersangka berhasil kabur dari sergapan polisi.

"Saat akan kita tangkap, keluarga Tersangka PS alias Bambu melawan, sehingga berhasil kabur. Dan seorang temannya lagi (UP) juga berhasil melarikan diri. Kita pun memboyong ke komando tersangka Rijal seorang diri," aku Philip.

Selain itu, sambung Philip, pihaknya juga mengamankan barang bukti, berupa 1 set alat kunci letter Y, yang digunakan tersangka untuk mencuri sepeda motor korban.

Berdasarkan catatan yang diperoleh oleh tim Reskrim Polsek Percut Sei Tuan, bahwa kompoltan genk curanmor tersebut, ketiga tersangka sudah berulang kali melakukan pencurian kendaraan bermotor di berbagai wilayah, termaksud Percut Sei Tuan. Ketiganya juga merupakan residivis yang tersandung masalah kasus pencurian.

"Pelaku pernah pelakukan pencurian sepeda motor Honda Vario di kost-kosan Jalan Ambai Tembung. Korban buat laporan dan pelaku Rijal tertangkap. Sedangkan temannya PS alias Bambu berhasil kabur (DPO) dan Boston tertangkap pada saat penangkapan di kawasan lain di Gang Nangka, Letda Sujono dan sudah pada tahap proses pelimpahan berkas ke jaksa," bebernya.

Dari Laporan Polisi (LP) lainnya, komplotan ini juga berhasil menggasak sepeda motor Honda Supra X 125 warna merah dari garasi rumah korbannya.

Dari aksi pencurian itu, pelaku Boston kembali tertangkap dan Rijal juga tertangkap. Sedangkan temannya, UP berhasil kabur (DPO). Seperti keberhasilan sebelumnya, para pelaku sudah sempat membagi hasil barang curian itu setelah menjual sepeda motor curian itu kepada penadah.

Kemudian, para pelaku juga terlibat dalam aksi pencurian kreta Honda Beat warna merah, di Jalan Letda Sujono, Gang Nangka. Di aksi kesekian kalinya itu, pelaku Rijal dan Boston berhasil tertangkap, sedangkan temannya, Maria Sitorus berhasil kabur alias DPO.

"Saat ini kita masih melakukan pengembangan terkait komplotan ini. Kita juga akan mengarah kepada penadahnya," pungkas Iptu Philip.

Penulis: nico. Editor: gun.