HETANEWS.COM

Bupati Labuhanbatu Tingkatkan Pelayanan Informasi

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu, H Muhammad Ihsan Harahap. (foto/fendi)

Luhanbatu, hetanews.com - Pelayanan informasi yang baik dan transparan, meningkatkan citra yang positif kepada Pemkab Labuhanbatu di mata masyarakat dan akan mendorong hubungan timbal balik yang harmonis antara pemerintah dengan masyarakat.

Demikian disampaikan Bupati  Pangonal Harahap, melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Muhammad Ihsan Harahap, Senin (12/3/2018), pada upacara apel gabungan kelompok I dan II lingkungan Pemkab Labuhanbatu di Lapangan BKPP setempat.

Menurut Bupati, hakikat kebijakan pemberdayaan Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah adanya pembinaan, penyempurnaan penerbitan pengawasan dan pengendalian manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) secara terencana dan berkelanjutan untuk meningkatkan kinerja seluruh aparatur dalam penyelenggaraan tugas Pemerintah dan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat.

"Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, maka informasi publik bukan saja merupakan bagian dari hak asasi manusia secara universal, namun juga merupakan hak konstitusional setiap warga negara. Di mana dalam pasal 28 f UUD 1945 mengamanatkan, bahwa setiap orang berhak berkomunikasi, menyebarkan informasi untuk mengembangkan pribafi dan lingkungannya,” ujarnya.

Kata Ihsan, sehubungan dengan telah diterbitkan Peraturan Bupati Nomor 2 Tahun 2018 tentang pedoman pengelolaan pelayanan informasi dan dan dokumentasi, sebagai pengganti peraturan Bupati Nomor 24 tahun 2014, dimana tata kelola informasi dan dokumentasi publik berada di bawah kendali Dinas Komuinfo Labuhanbatu.

"Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Publik (PPID) adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan/atau pelayanan informasi di badan publik, dalam menjalankan tugasnya PPID dibantu oleh PPID pembantu yang berada di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Labuhanbatu,”katanya.

Tambahnya, “tujuan dibentuknya PPID adalah agar masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi akan lebih mudah dan tidak berbelit-belit melalui satu pintu, yaitu Dinas KominfoLabuhanbatu," tandasnya.

Upacara apel gabungan ini diwarnai dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara  dan pembacaan UUD 1945 serta pengucapan Sapta Prasetya Korpri oleh petugas dari Dinas Komunikasi dan Informatika yang dihadiri Plt Sekdakab Labuhanbatu, Ahmad Muflih serta sejumlah Kepala OPD.

Penulis: fendi. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan