HETANEWS.COM

Rony Situmorang Terima Keluhan Warga Soal Jalan dan Narkoba

Rony Reynaldo Situmorang saat melaksanakan reses. (foto/BT)

Simalungun, hetanews.com - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Rony Reynaldo Situmorang bersama anggota Fraksi Demokrat, lakukan reses, di 4 Desa dan 1 Kelurahan di Kabupaten Simalungun. Reses ini merupakan ke II tahun sidang ke IV tahun 2017-2018 ke kabupaten/kota se Provinsi Sumatera Utara.

Adapun kegiatan reses berlangsung sejak 5 -10 Maret, itu dilaksanakan di Desa Naga Dolok dan Nagur Usang, Kecamatan Tapian Dolok, Kelurahan Hutabayu, Bahal Batu, Kecamatan Hutabayu Raja , serta Desa Bah Jambi II, Kecamatan Tanah Jawa. Turut mendampingi Rony, anggota DPRD Kabupaten Simalungun, Dadang Pramono.

Kepada wartawan, Rony mengatakan, bahwa pertemuan di Desa Naga Dolok, Kecamatan Tapian Dolok, dirinya didampingi oleh Kadache, selaku Camat Tapian Dolok dan Soli Efendi selaku Kepala Desa Naga Dolok dan Benson Damanik Kepala Desa Nagur Usang. 

Sejumlah masyarakat, menyampaikan beberapa keluhan, seperti perbaikan jalan yang berada di Kecamatan Tapian Dolok. Dimana lintasan jalan yang dilalui  masyarakat yang menghubungkan 2 Nagori (Desa Naga Dolok dan Nagur Usang) berada di areal konseksi Hak Guna Usaha (HGU) PT Bridgestone.

Dijelaskannya, masyarakat memohon agar jalan lintas tersebut diperbaiki. "Memang kita pahami, bahwa jalan itu merupakan wewenang PT Bridgestone,  dimana pemerintah tidak mencampuri HGU perusahaan tersebut,"ucap mantan Plt Ketua Partai Demokrat Siantar ini.

Sementara itu, dalam pertemuan reses di Kecamatan Hutabayu Raja, di Kelurahan Hutabayu dihadiri oleh Lasman Manurung, selaku Lurah dan kader Partai Demokrat, Hernando Sinaga.

Dan di Desa Bahal Batu, Rony didampingi Marsita Sinaga, selaku Camat Hutabayu Raja, Anggota DPRD Simalungun, Histony Sijabat serta Ajis Manurung selaku Kepala Desa Bahal Batu.

Di pertemuan di 2 lokasi tersebut, warga menyampaikan di beberapa bagian jalan mengalami kerusakan. Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Simalungun, Benny Saragih, bahwa permintaan Bupati JR Saragih direncanakan tahun ini dianggarkan Rp 57 miliar untuk perbaikan jalan,  yang terdiri dari 2 pekerjaan. Yang pertama dimulai dari Tanah Jawa, Pokan Baru (Pokan Baru sampai Sei Mangkei yang akan dikerjakan secara cor beton). 

Sedangkan masyarakat di Kelurahan Hutabayu dan Bahal Batu, Rony terima aspirasi memohon dalam proses persertifikatan hak milik perseorangan melalui program prona agar diperbanyak di wilayah Simalungun, khususnya di kedua tempat tersebut. 

Persertifikatan hak milik ini, memberi jaminan kepastian hukum kepemilikan hak seseorang atas tanah yang dimiliki dan dikuasasi dengan lisensi umumnya. Selain itu, tanah yang sudah bersertifikasi memiliki nilai tambah ekonomi, apabila masyarakat mengagunkan ke Bank untuk modal usaha. 

Sementara itu,  terkait dengan hutan register di wilayah Hutabayu, yakni di Dusun Mayang dan Jawa Barat, masyarakat sampaikan, bahwa ada dilema, di mana mereka (masyarakat) membutuhkan sertifikat tanah. Masyarakat terkendala karena ada d idalam kawasan hutan register 18. Namun di sisi lain, masyarakat melihat ada pihak swasta yang melakukan aktivitas berkebun di area kawasan hutan tersebut. 

"Disini negara harus hadir untuk melindungi masyarakat dan pihak swasta seharusnya mempedamani aturan hukum yang berlaku. Jika mereka berada di kawasan hutan register, hal itu merupakan bentuk pelanggaran hukum," ucap Rony.

Selanjutnya terkait dengan peredaran narkoba di Kabupaten Simalungun, Rony mendukung dan mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Polres Simalungun dibawah komando AKBP Marudut Liberty Panjaitan. Berdasarkan riset di 5 Nagori ini, Rony mendukung agar penindakan terhadap pelaku narkoba yang marak di Kecamatan Hutabayu Raja.

"Generasi muda anak bangsa adalah korban dari bandar maupun pengedar, maka perlu diselamatkan," tutupnya.

Penulis: bt. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan