HETANEWS.COM

PDPHJ Buka Peluang bagi Investor

Plt Dirut PDPHJ, Benny Sihotang, didampingi Plt Direktur Operasional serta Direktur SDM, Hamam Soleh saat bertemu dengan sejumlah wartawan di ruangannya, Senin pagi (12/3/2018). (foto/tom)

Siantar, hetanews.com - Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PDPHJ) Kota Siantar, saat ini membuka seluas-luasnya kesempatan bagi investor untuk menginvestasikan dalam pembangunan Pasar Horas.

Hal itu disampaikan Plt Dirut PDPHJ, Benny Sihotang, didampingi Plt Direktur Operasional serta Direktur SDM, Hamam Soleh saat bertemu dengan sejumlah wartawan di ruangannya, Senin pagi (12/3/2018).

Disampaikannya, dalam pembangunan Pasar Horas akan sulit dilakukan jika mengambil anggaran APBN dan APBD karena jumlahnya ratusan miliar, sehingga pihaknya harus menggandeng investor, namun polanya dirubah menjadi BOT (bangun, gunakan, serahkan)  menjadi BTO (bangun, serah, guna) dan diserahkan pada pemilik PDPHJ. 

Kata Benny,  hal ini sangat penting untuk disampaikan pada masyarakat Siantar, karena sangat besar dan berhubungan dengan perbankan. 

"Pastinya akan kerjasama dengan pihak bank karena ini jumlahnya miliaran rupiah. Saat ini sudah beberapa investor yang datang pada PDPHJ,  dan semua biaya, baik biaya perencanaan,  baik itu gambar, itu ditanggung investor," terangnya. 

Untuk itulah, pihaknya mengejar agar Pasar Horas menjadi pasar tradisional modern, sehingga wajah pasar dapat tertata dengan baik.

Diakuinya, PDPHJ saat ini memiliki beban atau utang kepada karyawan dalam pembayaran gaji. Namun untuk pengurangan karyawan, dirinya mengaku bisa melakukannya, hanya saja harus memberikan pesangon. Sehingga mau tidak mau harus dipertahankan, katanya. 

Kembali ke Pasar Horas, lanjut Benny, untuk  gedung 1, 2 dan 3 akan dibangun dan akan menampung pedagang existing dan pedagang akan membayar. "Apalagi gedung bangunan ini sudah 36 tahun. Itu gedung yang cukup tua dan ada yang telah sempat terbakar," ungkapnya. 

Setelah pembangunan selesai  maka pihaknya akan melakukan pembagian jenis jualan. Untuk pembangunan Pasar Horas nantinya,  PDPHJ  akan mengundang TP4D, konsultan pengawas untuk melakukan pendampingan yang dibiayai oleh investor supaya semuanya menjadi transparan. " Inilah kami informasikan kepada teman-teman yang ingin berinvestasi pada PDPHJ ini. Dan untuk mekanismenya, silahkan datang ke jajaran direksi," sebutnya. 

Sambungnya, dalam berinvestasi di PDPHJ, pihaknya akan menyambut dengan senang hati. "Namun harus digaris bawahi,  PDPHJ tidak menyiapkan gambarnya dan kami mengharapkan investor telah dihunjuk untuk akhir bulan ini," ungkapnya. 

Dalam tahap pembangunan nantinya, ucap Benny, pihaknya akan menciptakan  pasar penampungan untuk pedagang berjualan sementara. "Mengenai kendala pasti ada, cuma hal ini harus dilakukan agar berubah lebih baik. Untuk tekniknya nanti bisa saja dilakukan pembangunan salah satu gedung terlebih dahulu. Dan untuk pembangunan pasar penampungan, nantinya tetap dilakukan oleh investor," terangnya.

Untuk hambatan nantinya, urainya, PDPHJ akan melakukan sosialisasi secara terus menerus kepada pedagang. "Kuncinya kalau ini dilakukan sesuai koridor hukum, kita tidak pernah takut. Bukan hanya di Siantar, di tempat lainnya juga pasti begitu, ketika tempat makan diganggu pasti akan ribut,” andasnya. 

Ditambahkan  Hamam Soleh untuk sosialisasi pada pedagang, telah dilakukan dan terus menerus dilanjutkan untuk pembangunan Pasar Horas.

Penulis: tom. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan