HETANEWS.COM

Residivis Pasrah Diancam 2 Tahun Penjara

JPU, David L Sipayung saat menuntut terdakwa 2 tahun penjara di PN Simalungun. (foto/ayu)

Simalungun, hetanews.com - Ronaldo Sidauruk (21), penduduk Jalan Gereja, Kelurahan Sarimatondang, Kecamatan Sidamanik, pasrah dituntut 2 kalender oleh jaksa, David L Sipayung, di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Senin (12/3/2018).

Terdakwa pasrah karena tidak memohon agar hukumannya diringankan oleh majelis hakim, pimpinan A Hadi Nasution.

"Kenapa terdakwa tidak mengajukan permohonan, apa sudah pas tuntutan jaksa itu?,"kata Hadi.

"Sudah pak hakim," jawab terdakwa yang mengaku sudah pernah dihukum (residivis).

Untuk vonis, persidangan dibantu panitera, Afrizal, ditunda hingga Senin mendatang.

Menurut JPU,  terdakwa telah terbukti bersalah melangga Pasal 363 (1) ke 4 KUHP. Terdakwa pada Rabu (8/11/2017) lalu, sekira pukul 23.00 WIB, melakukan pencurian di rumah saksi korban, Julianna Fennanlampir, di Jalan Gereja Sidamanik, Kelurahan Sarimatondang, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun.

Sebelum melancarkan aksinya, Ronaldo selama 5 menit lamanya, memantau kediaman korban sembari mencari jalan hendak masuk. Memastikan sasaran aman, Ronaldo masuk melalui pintu belakang yang kebetulan tidak terkunci. 

Terdakwa berhasil membawa kabur, tas berisi uang Rp 17 juta, 4 buku tabungan, 3 flas disk,  1 unit handphone (HP) merk Oppo dan power bank. Tak hanya itu, dengan obeng besi bergagang kayu, dia masuk ke garasi dan membawa kabur sepeda sport.

Esoknya, Ronaldo ke Kota Siantar dan menjual HP korban sebesar Rp 150 ribu, juga membeli tas selempang, dompet levis dan HP baru seharga Rp 1,6 juta.

Terdakwa ditangkap pada Sabtu, 11 Nopember 2017 lalu. Akibat perbuatan terdakwa, saksi korban yang masih tetangganya, mengalami kerugian Rp 20 juta.

Penulis: rahayu. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!