HETANEWS

Hakim PN Simalungun Vonis Dua Pemilik Sabu dan Ganja 2,5 Kalender

Kedua terdakwa keluar dari ruang siding, usai divonis 2,5 tahun penjara. (foto/ayu)

Simalungun, hetanews.com - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, pimpinan A Hadi Nasution, memvonis dua terdakwa, Doni Parulian Sidabariba (22) dan Ricardo Silalahi (31) masing-masing dengan pidana penjara selama 2,5 tahun, Senin (12/3/2018).

Vonis tersebut, lebih ringan dari tuntutan jaksa, Barry Sugiharto, yang sebelumnya menuntut pidana penjara masing-masing selama 3 tahun terhadap kedua terdakwa.

Hakim dan jaksa, sependapat mempersalahkan kedua terdakwa dengan Pasal 127 (1) huruf a UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang penyalahgunaan narkotika bagi diri sendiri.

Kedua terdakwa, warga Kampung Kristen, Kelurahan Saribu Dolok, Kecamatan Silimakuta tersebut  telah terbukti memiliki sabu 1,50 gram dan ganja 4,20 gram, untuk digunakan.

Terungkap di persidangan, kedua terdakwa  ditangkap anggota Polsek Saribu Dolok, bersama temannya, Roni Ginting (DPO), pada Senin, 28 Agustus 2017 lalu, pukul 23.00 WIB, di dalam kamar doorsmeer milik Junerson Sinaga, di kampungnya.

Malam itu, petugas yang telah mendapatkan informasi tentang adanya penyalahgunaan narkotika yang dilakukan para terdakwa, langsung menggerebek lokasi tersebut.

Dari dalam kamar yang dibatasi kaca transparan, kedua terdakwa dan Roni (DPO) sedang menghisap sabu dengan duduk berkeliling menggunakan botol yang dilobangi dengan 3 pipet dan kaca pirex yang bekas dibakar.

Selain itu, polisi menyita sepaket sabu dan 24 plastik klip kosong serta 1 klip ganja seberat 4,20 gram. Kedua terdakwa dalam persidangan tidak didampingi pengacara dan menyatakan menerima vonis tersebut. Persidangan dibantu panitera, Afrizal, dinyatakan selesai dan ditutup.

Penulis: ay. Editor: gun.