Medan, hetanews.com - Petugas Polsek Sunggal, menangkap Erwinsyah Harahap (37), warga Jalan Binjai Km 12,5 Desa Muli Rejo,  Sunggal, Kabupaten Deliserdang.

Ia ditangkap karena terlibat kasus pemerasan terhadap pegawai PTPN II, bernama Tengku Yanuardi (48), warga Dusun XIV Emplasmen,  Desa Sei Semayang, Sunggal, Deliserdang.

Kapolsek Sunggal, Kompol Wira Prayatna mengatakan, kejadian berawal saat pelaku datang ke rumah korban, pada Jumat, 9 Maret 2018 malam.

Disitu pelaku mengatasnamakan pemuda setempat, meminta uang kepada pelaku sebesar Rp 30 ribu, dengan alasan untuk uang keamanan.

"Korban lalu menelepon Kepala Dusun (Kadus) dan menyatakan tidak ada kutipan mengatasnamakan pemuda setempat," kata Wira, Senin (12/3/2018).

Namun, pelaku tetap memaksa sehingga korban yang keberatan memberi uang Rp 20 ribu. Pelaku lalu memberikan selembar kwitansi kepada korban.

Tak berapa lama, Kadus dan korban menghubungi polisi karena merasa resah dengan perbuatan pelaku. "Petugas kita lalu turun ke lokasi dan menangkap pelaku," ujarnya.

Dari pelaku, disita barang bukti, uang Rp 20 ribu, 1 lembar kwitansi dan 1 buah stempel.

"Pelaku juga DPO kasus pencurian di gudang Pinang, pada 26 November 2016, bersama rekannya yang terlebih dahulu ditangkap dan telah dikirim ke jaksa," jelasnya.

Saat ini, pelaku masih dalam pemeriksaan petugas. "Pelaku dijerat dengan Pasal 368 ayat (1) KUHPidana. Ancaman hukumannya maksimal 9 tahun penjara," pungkasnya.