HETANEWS

Bupati Karo Respon Keluhan Warga Soal Genangan Air Setiap Musim Hujan

Bupati Terkelin Brahmana didampingi Kepala Dinas PUPR, Paten Purba, Camat Kabanjahe Frans Leonardo Surbakti dan Kabid Lingkungan Hidup, Hotman Brahmana respon keluhan warga terkait genangan air setiap musim hujan. (foto/charles)

Karo, hetanews.com - Menyikapi keluhan warga terkait genangan air saat hujan, Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Paten Purba, Camat Kabanjahe, Frans Leonardo Surbakti dan Kabid Lingkungan Hidup, Hotman Brahmana, meninjau kondisi drainase di Jalan Kapten Selamat Ketaren, Kabanjahe, Minggu (11/03/2018)

Di lokasi, Bupati minta Camat Kabanjahe Frans Leonardo Surbakti bergotong royong dengan warga.

“Biasanya air meluber ke badan jalan akibat drainase (parit jalan) tidak berfungsi masimal. Untuk itu, parit jalan ini harus dibersihkan dari limbah dan sampah warga yang menyumbat parit jalan,” ujarnya.

Terkelin menuturkan, kalau pun nanti parit jalan sudah dibersihkan tapi air tetap meluap ke permukaan badan jalan, kemungkinan gorong-gorong persimpangan Jalan Kapten Selamat Ketaren ke Gang Ginting Sienterem perlu dibongkar untuk selanjutnya ditinggikan dari sebelumnya

"Sehingga ruang gerak arus air di bawah gorong-gorong semakin luas, otomatis parit jalan ini berfungsi dengan baik,” ujar Bupati setelah slep (penutup) parit jalan dibuka.

Kepala Dinas PUPR, Paten Purba dan Camat Kabanjahe, Frans Leonardo Surbakti mengaku, gorong-gorong terlalu rendah, sehingga mempersempit ruang gerak air yang mengalir, dampaknya gampang sekali limbah hujan meluap ke badan jalan.

“Artinya, gorong-gorong Gang Ginting Sienterem ke badan Jalan Kapten Selamat Ketaren harus ditinggikan,” tutur Paten.            

Penyebab lainnya, diduga sumbatnya persimpangan pertemuan dua parit jalan sehingga saluran untuk genangan air mengalir tidak ada, maka otomatis pasca hujan genangan air selalu ada.       

Sementara Frans mengaku, hari Selasa depan, pihaknya akan gotong royong bersama warga. Menurutnya, dengan gotong royong kesadaran warga tidak membuang sampah sembarangan akan muncul dan memiliki rasa tanggungjawab bersama menjaga lingkungan bersih.

Warga Jalan Kapten Selamat Ketaren meminta Dinas PUPR Kabupaten Karo mengatasi genangan air yang selalu terjadi setiap musim hujan. Genangan air itu tepatnya di depan Gang Ginting Sienterem, Jalan Kapten Selamat Ketaren Kabanjahe.

Warga setempat, Dasar Ginting mengucapkan terima kasih kepada Bupati Karo yang langsung merespon keluhan mereka.

Sebelumnya diberitakan, Dasar Ginting, Fadli Sinuhaji dan Lasate Ginting kepada wartawan, Rabu (7/3/2018)  di Kabanjahe mengatakan sudah lama terjadi genangan air setiap musim hujan.

“Bahkan  genangan air kadang terjadi bukan hanya saat hujan, mungkin parit jalan dan parit jalan gang ini sudah tidak berfungsi maksimal lagi,” sebut keduanya.

Penulis: charles. Editor: aan.