HETANEWS

Soal Adipura, Kadis Lingkungan Hidup: Kalau Tidak Memenuhi Kriteria, Ya Tidak Apa-apa

Kadis Lingkungan Hidup Kota Siantar, Jekson Gultom. (foto/noto)

Siantar, hetanews.com- Terkait sudah 2 tahun tidak menerima penghargaan Adipura, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Siantar, Jekson Gultom mengaku tidak mempermasalahkan hal itu, dan memilih lebih fokus terhadap upaya sosialisasi kepada masyarakat, perihal menjaga budaya kebersihan kota.

Demikian disampaikan Jekson saat dimintai tanggapannya oleh awak media hetanews.com, Kamis (8/3/2018).

Menurutnya, saat ini ruh penghargaan Adipura lebih kepada pengelolaan sampah dan hal itu bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah.

“Kalau tidak memenuhi kriteria ya tidak apa-apa, dan untuk Adipura sendiri dalam tahun belakangan ini lebih kepada masalah pengelolaan sampah,” katanya.

Jekson berujar, saat ini pihaknya tengah gencar melakukan upaya sosialisasi dan memotivasi warga untuk lebih peka terhadap kebersihan lingkungan.

Disinggung, apakah dirinya memiliki program khusus untuk memacu kinerja dinas yang dipimpinnya agar kembali meraih penghargaan Adipura? Jekson mengatakan, program itu tidak perlu disusun secara khusus dan dirinya menegaskan, target utamanya bukan hanya soal meraih Adipura.

“Kalau program khusus itu tidak perlu, karena itu terjadi secara alami jadi tidak perlu ada perhatian khusus ataupun perlakuan khusus, ini hanya masalah kordinasi saja,” terangnya.

Jekson kembali menegaskan, bahwa target yang ingin dicapai olehnya bukan hanya penghargaan Adipura, melainkan terciptanya suasana kota Siantar yang bersih dan sehat.

Baca Juga: 2 Tahun tak Terima Adipura, Apa Kabar Siantar?

“Bukan Adipura target kita, itu kan hanya penghargaan saja. Tapi bagaimana terciptanya kota Siantar yang bersih dan sehat, untuk apa ada Adipura kalau tidak sehat,”tandasnya seakan membela diri.

Sebagai bentuk implementasi target yang ingin dicapai olehnya, Jekson telah melibatkan sekolah-sekolah di Kota Siantar, dan rencananya besok akan diadakan aksi bersih-bersih dilingkungan sekolah dan juga aksi bersih-bersih di Lapangan Merdeka.

“Besok kita adakan aksi bersih-bersih di sekolah, ada beberapa sekolah yang terlibat seperti SMP 3, SMP 5, SMA 4, SD Negeri 50 dan SMP 1. Jadi nanti masing-masing sekolah membawa muridnya sekitar 40 orang untuk melakukan aksi bersih-bersih di Lapangan Merdeka,” ujarnya.    

Penulis: tim. Editor: gun.