HETANEWS.COM

Ini Penyampaian Wabup Asahan dan Wagubsu Terkait Penanganan Trafficking

Acara penanganan secara dini tindak kekerasaan dan tindak pidana perdagangan manusia (trafficking) terhadap Perempuan dan Anak di Asahan yang dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Utara, Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung. (foto/heru)

Asahan, hetanews.com - Terima kunjungan kerja Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) di acara penanganan secara dini tindak kekerasaan dan tindak pidana perdagangan manusia (trafficking) terhadap Perempuan dan Anak, Wakil Bupati (Wabup) Asahan, Surya, sampaikan data kasus di tahun 2017 dan 2018. 

Di mana berdasarkan sistem informasi online, tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak tahun 2017 di Kabupaten Asahan 77 kasus dan tahun 2018 ada 5 kasus hingga bulan Maret. Sementara yang mendapat pelayanan di 2018 sebanyak 20 kasus dengan pelayanan rehabilitas. 

"Kita memiliki tempat pelayanan masyarakat, terkait perlindungan perempuan dan anak, diantaranya P2TP2A di bawah naungan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan LK3 di bawah naungan Dinas Sosial  hingga masyarakat dapat melaporkan juga mengetahui tempat yang menangani kasus tersebut," ujar Surya di acara yang berlangsung di aula Melati Kantor Bupati, Rabu (7/3/2018). 

Sementara itu, Wagubsu, Nurhajizah Marpaung menyampaikan terkait penanganan secara dini tindak kekerasaan dan tindak pidana perdagangan manusia  terhadap perempuan dan anak, perlu dukungan semua pihak. Menurutnya, diperlukan sinergi kebijakaan pembangunan antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, sehingga mampu menampung aspirasi. Lalu mengutamakan penyelesaian permasalahan secara nyata di daerah itu. 

"Dukungan semua pihak penting mulai dari lembaga masyarakat, organisasi keagamanan, organisasi perempuan, organisasi profesi, akademisi, dunia usaha juga peran media terlibat dalam pembangunan PP dan PA dengan bidang dan kewenangan tugas masing - masing," ujar Wagubsu.

Wagubsu juga mengatakan, tidak terlepas dengan berkoordinasi dan kerja bersama yang kuat antara pemerintah desa dengan dana desa lalu pemerintah kabupaten/kota melalui APBD yang tersedia. 

Penulis: heru. Editor: gun.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!