HETANEWS

2 Bulan Diresmikan, Jalan Menuju Komplek USI Sudah “Bolong”

Lubang pada badan jalan menuju komplek USI. (foto/noto)

Siantar, hetanews.com - Setelah diresmikan pada pertengahan bulan Januari lalu, kondisi jalan menuju gerbang kampus Universitas Simalungun (USI) terpantau sudah berlubang.

Dana pembangunan dan pengaspalan jalan masuk komplek USI itu, diketahui berasal dari APBD Pemerintah Kota (Pemko) Siantar tahun 2017, sebesar Rp 496.758.000.00, yang dikerjakan oleh CV Olimpik, selaku penyedia jasa proyek.

Berlubangnya jalan yang baru diaspal tersebut, tak pelak memunculkan tanya besar mengenai kualitas proyek oleh beberapa mahasiswa/i. Bahkan tidak jarang, beberapa mahasiswa mengaku resah karena letak lubang persis berada di tengah jalan.

“Saya sudah pernah hampir jatuh gara-gara lubang itu bang, kalau kita mau masuk ke kampus enggak nampak. Apalagi saya kuliahnya masuk malam, penerangan pun minim,” kata mahasiswa Fakultas Ekonomi yang enggan dicatut namanya.

Sementara itu, ditemui diruang kerjanya, Ketua Yayasan USI, Amsar Saragih mengaku sudah mengetahui adanya lubang pada badan jalan di pintu masuk gerbang utama kampus USI. Kata Amsar, pihaknya sudah melayangkan surat kepada penyedia jasa untuk segera memperbaiki kerusakan jalan.

Plank proyek pembangunan jalan yang bersumber dari APBD Kota Siantar Tahun 2017. (foto/noto)

“Kita sudah layangkan surat kepada penyedia jasa, karena itu masih tanggung jawab mereka,” ujar Amsar, kepada hetanews.com, Rabu (7/3/2018).

Disinggung adanya pendapat beberapa penyedia jasa yang menuding proyek pengaspalan jalan menuju komplek USI yang sarat mark up dan tidak sesuainya jumlah anggaran terhadap kualitas bangunan, menurut Amsar, hal itu bukan kewenangannya untuk menjawab, dan dirinya menegaskan Yayasan USI hanya menerima bentuk fisik bukan dana tunai.

“Saya rasa itu bukan kewenangan saya, kami pihak Yayasan USI hanya menerima dalam bentuk fisik, bukan dana tunai,”tegasnya.

Sampai berita ini diterbitkan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Siantar, Jonson Tambunan selaku pejabat yang menyalurkan dana program pembangunan jalan dan jembatan tahun 2017 untuk pembangunan jalan menuju komplek USI, belum dapat dimintai tanggapannya.

Penulis: tim. Editor: gun.