HETANEWS.COM

Perjalanan Sidang Sengketa Tanah yang tak Kunjung Usai dari Lumban Buntu

Tobasa, hetanews.com - Setelah seharian menunggu panggilan sidang, akhirnya sidang sengketa perkara perdata dengan nomor 79/Pdt.G/2016/PN.Blg, dimulai tepat pukul 20.00 WIB, di Pengadilan Negeri (PN) Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) Senin (5/3/2018).

"Kami sudah di PN Balige sejak pukul 07.30 WIB. Tapi, ya beginilah jadwal sidang di PN ini, kita hanya mengikuti bagaimana jadwal mereka saja," ucap Niolando Naibaho sebagai tergugat VIII dari XII tergugat.

Sedangkan Pemilu Naibaho sebagai penggugat tidak hadir dalam persidangan tersebut. Penggugat dan tergugat adalah warga Kabupaten Samosir. 

Menurut salah seorang tergugat, sidang kali ini merupakan sidang yang ke 31 kalinya. Agenda sidang kali ini mendatangkan saksi dari pihak tergugat atas nama Kader Naibaho.

Sidang kali ini berjalan tertib, tidak sericuh 2 sidang sebelumnya, dimana terjadi perdebatan  antara pihak tergugat dan kuasa hukum penggugat.

Sidang dipimpin Hakim Ketua, Azhary Ginting, bersama hakim anggota, Hans Prayugotama dan Arif Wibowo, berjalan dengan lancar. Informasi yang diterima wartawan, sumber perdebatan dalam sidang sebelumnya dikarenakan hakim ketua menolak permintaan kuasa hukum para tergugat untuk menunjukkan wujud 'Boekoe Bioes' kepada saksi para tergugat.

"Mengapa Boekoe Bioes itu harus ditunjukkan? Supaya ada perbandingan, apakah berdasarkan catatan dalam buku tersebut bisa menjadi patokan hak milik atas tanah," ucap tergugat lainnya.

Perkara perdata dengan Nomor 79/Pdt.G/2016/PN ini melibatkan 12 orang sebagai tergugat atas 6000 meter tanah ulayat yang berlokasi di Lumban Buntu,Kelurahan Siogungogung, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.

"Kami hadirkan saksi 1 orang untuk dimintai keterangannya dalam sidang kali ini," ucap kuasa hukum para tergugat, sekaligus sebagai tergugat I, Timotius Tumbur Simbolon.

Sidang kali ini lebih tertib dari 2 kali sidang yang sebelumnya diikuti hetanews.com, dan akan dilanjutkan kembali pada Jumat (9/3/2018) mendatang.

Penulis: tim. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan