HETANEWS

Rumah Terbakar di Kabanjahe, Iyan Destra Tarigan Tewas Terpanggang

Api membakar rumah korban. (foto/charles)

Karo, hetanews.com - Satu unit rumah warga, di Jalan Sudirman Gang Ai-Ai, Kelurahan Gung Letto, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, rata dengan tanah akibat dilalap si jago merah, Rabu (7/3/2018), sekira pukul 08.00 WIB.

Selain itu, 2 unit rumah sengaja dirusak mengantisipasi merembetnya api, juga menelan korban jiwa.

Seorang pria, bernama Iyan Destra Tarigan (47) alias Pacul, tewas mengenaskan saat masih berada di dalam rumahnya.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran, namun kobaran api yang begitu cepat, membuat panik warga. Sehingga warga sibuk bergegas menyelamatkan barang-barang mereka, takut kobaran api merembet hingga ke rumah yang lain.

Kondisi korban yang hangus saat ditemukan sebelum di eksekusi. (foto/charles)

Dari hasil keterangan Kasat Reskrim Polres Karo, AKP Ras Maju yang sedang melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) mengatakan, korban bernama Iyan Tarigan, usia berkisar 40-50 tahun.

“Menurut para saksi dan hasil olah TKP, sementara kita simpulkan kebakaran terjadi akibat korban memasak menggunakan kayu bakar.  Korban tinggal seorang diri dan di dalam rumahnya dipenuhi dengan barang-barang bekas, berupa kertas karton dan lain sebagainya, sehingga api cepat membakar," ujarnya di lokasi kebakaran.

Untuk sementara, pihak Sat Reskrim Tanah Karo akan terus melakukan penyelidikan, penyebab terjadinya kebakaran. "Kita akan koordinasi lagi nanti dengan laboratorium forensik mengenai asal titik awal api," ucapnya.

Personil saat mengevakuasi mayat korban yang hangus terbakar. (foto/charles)  

Terpisah, Kasi Penanggulangan Kebakaran Kabupaten Karo, Teguh Purba kepada awak media menjelaskan, bahwa sekira pukul 08.00 WIB, menerima laporan adanya kebakaran di Jalan Sudirman. Mendapat informasi dari masyarakat, pihaknya bergegas meluncurkan 3 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dan 30 orang anggota.

“Kerugian materi diperkirakan Rp100 juta, termasuk 2 rumah yang berada dikiri kanan rumah korban yang ikut terdampak karena dirusak guna mengantisipasi api merembet. Sementara kendala pada proses pemadaman tidak ada, hanya saja jalan masuknya yang sempit. Jadi tadi sempat terhambat, proses pemadaman hingga pendiginan kira-kira memakan waktu hingga 1,5 jam,” ujarnya.

Penulis: charles. Editor: gun.